Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 1.529 pebulu tangkis muda dari seluruh penjuru Tanah Air masuk tahap screening Audisi Umum PB Djarum 2023 di GOR Djarum, Jati, Kudus, Minggu.

Dilansir dari keterangan resmi, pada tahap screening, tiap-tiap peserta yang berasal dari Aceh hingga Papua diberi waktu lima menit bertanding partai tunggal untuk menunjukkan bakat dan kemampuan mereka.

"Antusiasme Audisi Umum tahun ini cukup baik. Ini salah satu dari banyak cara yang PB Djarum lakukan untuk mendapatkan bakat-bakat berkualitas. Di turnamen-turnamen nasional kami juga mencari bakat-bakat terbaik. Semoga kami bisa mendapat bibit-bibit berkualitas yang di masa depan dapat membawa Merah Putih sampai pada kejayaan yang paling tinggi," kata President Director Djarum Foundation Victor Hartono.

Victor Hartono mengapresiasi semangat serta animo dari para pebulu tangkis belia yang rela datang dari berbagai daerah di Tanah Air untuk mengikuti proses seleksi.
Pebulu tangkis muda dari Aceh Diego Vorlan Louise dalam tahap screening Audisi Umum PB Djarum 2023 di GOR Djarum, Jati, Kudus, Minggu (2/6/2023). (HO/Audisi Umum PB Djarum 2023)


Salah satu peserta yang membawa mimpi untuk bergabung bersama klub PB Djarum demi menjadi atlet segudang prestasi ialah Margaretha Lusia Shara Rumambar.

Datang jauh dari Jayapura, Papua untuk mengikuti Audisi Umum PB Djarum 2023, Margaretha yang menjajal peruntungannya dengan bersaing di kelompok usia U-13 ini melewati banyak perjuangan.

"Saya sebenarnya ingin ikut Audisi Umum PB Djarum dari tahun lalu. Tapi saya tidak punya biaya untuk pergi ke Kudus. Lalu berkat mamah angkat, akhirnya saya bisa mendapat kesempatan ikut Audisi Umum. Sebulan terakhir saya sudah berada di Solo untuk berlatih dan melakukan persiapan bersama klub HBC Saribumi," kata Margaretha.

Baca juga: 2.220 pebulu tangkis muda ramaikan persaingan audisi PB Djarum 2023

Pebulu tangkis muda ini merupakan putri dari penjual buah pinang di Jayapura dan sempat terkendala biaya untuk tebang menuju Kudus guna mengikuti Audisi Umum PB Djarum 2023. Namun, berkat dukungan orangtua angkatnya, Margaretha bisa mewujudkan mimpinya menginjakkan kaki di Kudus demi mengikuti seleksi.

Ada pula peserta yang datang dari ujung barat Indonesia, Diego Vorlan Louise. Atlet asal Aceh Tengah ini sudah menyukai bulu tangkis dari usia delapan tahun. Diego mengikuti Audisi Umum karena ingin seperti para atlet PB Djarum yang memiliki berbagai prestasi membanggakan di kancah internasional.

“Sebelum audisi, saya melakukan latihan rutin di Champion Klaten selama enam bulan, sehari dua kali. Saya berharap agar proses latihan dan gelar juara yang pernah saya raih di beberapa turnamen bisa membuat saya masuk PB Djarum,” kata Diego, peserta U-13 yang mengidolakan Kevin Sanjaya ini.

Audisi Umum PB Djarum 2023 menyasar kelompok usia U-11 dan U-13 baik putra maupun putri. Seleksi diselenggarakan selama lima hari mulai Minggu (2/7) hingga Kamis (6/7).
 

Pada dua hari pertama, mereka akan menjalani screening lima dan 10 menit. Lalu pada hari ketiga hingga kelima, peserta yang lolos tahap screening melanjutkan perjalanan mereka di babak turnamen.

Setelahnya, peserta yang lolos akan menjalani fase karantina selama empat minggu hingga pada akhirnya tersaring atlet-atlet yang akan mendapatkan Djarum Beasiswa Bulutangkis dari Bakti Olahraga Djarum Foundation dan bergabung dengan klub PB Djarum.

Baca juga: Tim pencari bakat PB Djarum bagikan tips dan trik hadapi Audisi Umum
Baca juga: PB Djarum kembali cari bibit pebulu tangkis melalui Audisi Umum 2023

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023