Kudus (ANTARA) - Sebanyak 11 atlet bulu tangkis muda dari kelompok U-11 dan U-13 resmi bergabung dengan PB Djarum berdasarkan hasil Audisi Umum 2023 dan berhak mendapat beasiswa.

"Mereka terpilih dari 1.529 peserta Audisi Umum dari berbagai penjuru Tanah Air," kata Ketua Tim Pencari Bakat Audisi Umum PB Djarum 2023 Sigit Budiarto di sela-sela pengumuman hasil seleksi di GOR PB Djarum Jati Kudus, Sabtu.

Sedangkan 11 atlet yang diterima tersebut berasal dari berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Papua.

Ia mengungkapkan mereka yang terpilih merupakan hasil pengamatan Tim Pencari Bakat dan pelatih PB Djarum yang dilakukan secara komprehensif selama tahap karantina karena PB Djarum ingin mencari bibit pebulu tangkis berkualitas super yang akan diasah oleh klub yang bermarkas di Kudus tersebut demi meningkatkan kejayaan bulu tangkis Indonesia.

"Kami ucapkan selamat kepada para atlet yang telah resmi bergabung dengan PB Djarum. Kami berharap para atlet ini dapat mengikuti program pelatihan dengan tekun dan bersungguh-sungguh. Bagi yang belum berhasil, bukan berarti mereka kualitasnya kurang baik. Jangan berkecil hati, karena masih ada kesempatan untuk bergabung melalui audisi umum maupun jalur lainnya," ujarnya.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin berharap para atlet yang kini menjadi keluarga besar PB Djarum tersebut dapat berlatih dan menempa kemampuan secara optimal sehingga kelak bisa menjadi juara di level dunia.

"Audisi Umum sudah terbukti melahirkan pebulu tangkis berbakat dan diharapkan akan mengharumkan nama bangsa seperti Mutiara, lalu sebelumnya ada Kevin Sanjaya yang saat ini sudah menjadi pemain elite dunia," katanya.

Ia pun berharap, lulusan Audisi Umum tahun ini bisa berprestasi lebih tinggi lagi dan menjadi pemain top dunia karena atlet akan dibina dan diberi kesempatan untuk berlaga di turnamen regional, nasional hingga internasional.

Baca juga: Berawal dari ikut paman, Ghifari tembus karantina audisi PB Djarum

Gavriel Aldrich Alharon Labatar asal Kabupaten Asmat, Papua, merupakan salah satu atlet yang berhasil menjadi anggota baru skuad PB Djarum dari kelompok U-11.

"Saya sangat bersyukur karena bisa masuk PB Djarum setelah sempat gagal pada Audisi Umum tahun lalu. Saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini untuk bisa menimba ilmu sebanyak-banyaknya dan mengasah kemampuan supaya bisa jadi atlet hebat," ujar Gavriel Aldrich.

Hal senada disampaikan Aisyah Anindya Rubiyanto asal Kota Samarinda, Kalimantan Timur yang menjadi satu-satunya peserta yang lolos di kelompok U-13 putri.

Ia mengaku bersyukur bisa bergabung sebagai atlet PB Djarum, karena sebelumnya sempat merasa pesimistis bisa lolos dan diterima klub tersebut.

"Mudah-mudahan bisa mengikuti jejak Mutiara yang baru saja juara Asia Junior Championships atau Kejuaraan Asia Junior 2023," ujarnya.

Orangtua Aisyah, Indra Astuti turut berbahagia karena kerja keras anaknya selama mengikuti rangkaian Audisi Umum 2023 terbayarkan dengan berhasil bergabung dengan PB Djarum.

"Semoga dengan masuk PB Djarum, bakat anak saya bisa semakin terasah dan impiannya menjadi pebulu tangkis dunia bisa terwujud," ujarnya.

Baca juga: Sebanyak 51 peserta raih super tiket audisi umum PB Djarum 2023
Baca juga: Tontowi Ahmad sebut peserta audisi PB Djarum punya teknik yang baik

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023