Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 457 pebulu tangkis muda yang terdiri dari 156 putri dan 301 putra di kelompok usia U-11 dan U-13 berjuang demi memenangkan pertandingan dan melaju ke babak turnamen di GOR Djarum, Jati, Kudus, Selasa.

Pelatih PB Djarum yang juga anggota Tim Pencari Bakat Atlet Putri Ellen Angelina mengatakan, pada fase ini kemampuan para peserta lebih menonjol dan tampil maksimal di lapangan dibanding dua tahap screening sebelumnya.

Hal tersebut membuat pelatih yang dulu pernah meraih gelar juara Indonesia Open 2001 sektor tunggal putri ini berharap dapat menemukan pebulu tangkis putri sesuai dengan kriteria yang telah ditargetkan oleh PB Djarum.

“Karena di fase turnamen ini mereka bermain dengan format pertandingan, potensi atlet jauh lebih terlihat dibanding saat screening, mulai dari segi ketahanan, daya juang, dan pukulan-pukulannya. Semoga mereka memenuhi elemen penilaian dari kami seperti fighting spirit yang besar, terknik dasar bermain, dan memukul yang mumpuni,” kata Ellen kepada pewarta.
 
Tim pencari bakat atlet putri Nimas Rani Wijayanti (kiri), Ellen Angelina (tengah), Maria Elfira Christina (kanan) sedang memantau peserta Audisi Umum PB Djarum 2023 dari pinggir lapangan pada babak turnamen di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah, Selasa (4/7/2023). (HO/Audisi Umum PB Djarum 2023)

Baca juga: PB Djarum kembali cari bibit pebulu tangkis melalui Audisi Umum 2023

Di samping itu, Ellen menilai bahwa kualitas para pebulu tangkis belia yang datang dari Aceh hingga Papua mengalami peningkatan dibandingkan penyelenggaraan Audisi Umum 2022. Bakat dan talenta para peserta pun terlihat lebih merata, baik peserta dari Pulau Jawa maupun luar Pulau Jawa di kategori usia U-11 maupun U-13.

“Ada peningkatan juga dari audisi tahun lalu. Karena kan sebelumnya audisi digelar setelah dua tahun pandemi, jadi mungkin mereka jarang latihan. Kalau tahun ini secara kualitas lebih bagus karena mereka kan latihan terus. Ini hampir seluruh dari mereka punya skill bagus yang merata. Peserta U-13 punya postur tubuh dan teknik yang cukup baik, begitu pula dengan U-11 yang sudah memiliki teknik dasar yang dikuasai,” imbuh Ellen.

Selain Ellen Angelina, Tim Pencari Bakat juga diisi oleh jajaran pelatih PB Djarum dan legenda bulutangkis yaitu Yuni Kartika, Hastomo Arbi, Roy Djojo Effendy, Nimas Rani Wijayanti, Engga Setiawan, Rudy Gunawan Haditono, Denny Setyawan, Maria Elfira Christina, dan Juniar Setioko Tenggono.

Selama babak turnamen yang diselenggarakan hingga Kamis (6/7), Tim Pencari Bakat akan terus memantau para peserta, sehingga membuka kesempatan bagi atlet dengan kualitas mumpuni tetap mendapatkan Super Tiket untuk melaju ke tahap karantina, meskipun kalah di fase gugur tersebut.

Baca juga: 1.529 pebulu tangkis muda masuk screening Audisi PB Djarum 2023

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023