Kudus (ANTARA) -
Peminat audisi umum beasiswa bulu tangkis yang diselenggarakan Persatuan Bulutangkis (PB) Djarum Kudus, Jawa Tengah, masih cukup tinggi karena jumlah pendaftar untuk audisi di Kota Kudus mencapai 2.220 pendaftar.
 
"Terhitung hingga Jumat (30/6) pukul 16.00 WIB, pendaftarnya sekitar 2.220 pebulu tangkis belia untuk mengikuti proses seleksi," kata Direktur Program Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin pada sesi jumpa pers Audisi Umum PB Djarum 2023 di GOR Djarum Jati, Kudus, Sabtu.
 
Ribuan pendaftar tersebut datang dari berbagai daerah di Tanah Air, di antaranya dari Aceh ada sembilan peserta, Jateng sebanyak 1.063 peserta, Jawa Barat 300 peserta, Jawa Timur 233 peserta, Bali 15 peserta, Sumatera 76 peserta, Kalimantan 77 peserta, Sulawesi 76 peserta, dan Papua 30 peserta.
 
Audisi tahun ini menyasar dua kelompok usia, yakni U-11 untuk kelompok usia 8–10 tahun, serta U-13 untuk kelompok usia 11–12 tahun baik putra maupun putri.

Baca juga: Tim pencari bakat PB Djarum bagikan tips dan trik hadapi Audisi Umum
 
Audisi Umum PB Djarum 2023 yang mengangkat tema "Teruskan Semangat Juara" bertujuan untuk menjaga mata rantai pembinaan talenta-talenta muda berbakat yang dilakukan sejak dini.
 
Ia berharap dengan banyaknya pendaftar, akan mendapatkan talenta muda yang berbakat sebagai generasi penerus atlet bulu tangkis di Tanah Air, dan kelak mampu mengharumkan nama bangsa di panggung dunia.
 
"Kami berharap para atlet dapat memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin, serta menunjukkan performa maksimal selama mengikuti rangkaian Audisi Umum. Sehingga mereka nantinya terpilih untuk meraih super tiket, baik dari hasil turnamen maupun pilihan tim pencari bakat," ujarnya.
 
Sementara itu, Ketua Tim Pencari Bakat Audisi Umum PB Djarum Sigit Budiarto menjelaskan bahwa sistem penilaian Audisi Umum tahun ini dirancang secara ketat untuk menjaring atlet berkualitas super sesuai dengan kriteria yang diterapkan PB Djarum.

Baca juga: PB Djarum juara umum Polytron Superliga Junior 2023
 
Dikomandoi Sigit Budiarto, Tim Pencari Bakat diisi oleh jajaran pelatih PB Djarum yang akan dipimpin oleh Fung Permadi sebagai Koordinator Tim Pencari Bakat Atlet Putra dan Yuni Kartika sebagai Koordinator Tim Pencari Bakat Atlet Putri.
 
Selain itu tak ketinggalan pula sederet legenda bulu tangkis Indonesia turut serta memantau bakat para peserta Audisi Umum PB Djarum 2023 sejak hari pertama.
 
"Kami berusaha menemukan bibit-bibit bertalenta super, baik dari segi teknis maupun nonteknis yang mumpuni sesuai dengan kriteria yang kami tentukan. Selain itu, pebulu tangkis berkarakter dan memiliki semangat juang serta mental yang kokoh juga menjadi penilaian utama kami. Oleh karena itu, kami harap dapat menemukan berbagai elemen tersebut pada peserta Audisi Umum tahun ini," ujar Sigit yang merupakan juara dunia sektor ganda putra tahun 1997 tersebut.
 
Audisi umum beasiswa bulu tangkis 2023 di Kota Kudus digelar mulai 2-6 Juli 2023 di GOR Djarum Jati, Kudus.

Baca juga: Genap 54 tahun, PB Djarum terus komitmen cari bibit pebulu tangkis

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023