Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis nasional Ihsan Maulana Mustofa belum berencana untuk kembali ke Kanada, untuk melanjutkan profesi pelatih bulu tangkis di Montreal karena alasan keluarga.

Sebelumnya, istri mantan atlet Pelatnas PBSI itu baru melahirkan sehingga ia memutuskan menolak tawaran untuk kembali ke klub CST Montreal hingga beberapa waktu ke depan.

"Sebenarnya sudah disuruh untuk kembali ke sana lagi, tapi saya mau di sini (Indonesia) dulu karena anak masih kecil usianya baru tiga mingguan," ujar Ihsan dalam sebuah kesempatan di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Ihsan Maulana sebut karir pelatih bulu tangkis di Kanada menjanjikan

Sementara itu klub tempat Ihsan menyalurkan ilmunya juga tak mempermasalahkan keputusan penundaan kembali ke Kanada. Hal tersebut pun sudah dikomunikasikan oleh Ihsan kepada pengelola klub sejak awal kontrak.

"Memang perjanjian di awal sebelum saya ke sana kan kondisi istri sudah hamil. Saya sampaikan kalau istri tidak mau di sana (Kanada), saya akan pulang dan pihak klub membolehkan. Di sana sudah lumayan betah, tapi harus pulang karena urusan keluarga," ujar Ihsan.

Ihsan sebelumnya sempat menetap di Kanada kurang lebih satu tahun untuk menjalani aktivitas baru sebagai pelatih. Selepas keluar dari Pelatnas Cipayung, pebulu tangkis yang satu angkatan dengan Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting itu sempat jarang tampil pada beragam turnamen dalam dan luar negeri.

Baca juga: Pebulu tangkis Ihsan Mustofa bergabung ke tim Axelsen di Dubai

Meski sempat mencoba karir sebagai pelatih profesional, namun Ihsan belum memutuskan untuk pensiun sebagai atlet tepok bulu nasional.

"Kemarin memang fokus melatih, dapat tawaran di Kanada hampir satu tahun. Lalu pulang ke Indonesia karena istri mau melahirkan anak kedua, dan pas sudah di sini dikontak PB Djarum untuk kembali bermain," Ihsan menyebutkan.

Sebelumnya, Ihsan sempat kembali berkompetisi dengan membela klubnya dalam Kejuaraan Nasional PBSI 2022 pada 7-11 Desember setelah dihubungi langsung oleh Ketua PB Djarum Kudus Yoppy Rosimin.

Meski belum memastikan langkah konkrit untuk kembali melatih atau turun sebagai atlet pada 2023, namun Ihsan membuat gebrakan dengan bergabung pada tim Viktor Axelsen yang bermarkas di Dubai, Uni Emirat Arab.

Di sana, Ihsan akan menjadi rekan tanding latih bagi pebulu tangkis nomor satu dunia itu untuk persiapan menghadapi musim kompetisi 2023.

Baca juga: Ihsan ungkap pengalaman melatih di Kanada berjalan menyenangkan

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022