Jakarta (ANTARA/JACX) - Ketua BEM UI Melki Sedek Huang ramai dibicarakan setelah kritiknya ke Presiden Jokowi di kanal YouTube Abraham Samad pada Senin (26/6) ramai di media sosial.

Sebuah unggahan video di Facebook menarasikan rumah Ketua BEM UI dibakar oleh pendukung Jokowi. Thumbnail dalam video tersebut juga terlihat Presiden Jokowi sedang berjalan dibalik kobaran api.

Berikut narasi dalam unggahan video tersebut:

“TAK DIKASIH AMPUN,MASA PENDUKUNG JKW BAK4R RUMAH KETUA BEM UI,TAK TERIMA JUNJUNGAN NYA DI S3R4N9”

Namun, benarkah Pendukung Jokowi bakar rumah Ketua BEM UI?

 

Unggahan video yang menarasikan pendukung Jokowi bakar rumah ketua BEM UI. Faktanya, unggahan video tersebut tidak sesuai dengan narasi judul. (Facebook)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, isi video tersebut tidak ditemukan informasi mengenai pendukung Jokowi membakar rumah Ketua BEM UI. Narator dalam video tersebut hanya membacakan unggahan Kilat.com yang berjudul “Berani Ancam Jokowi, Instagram Ketua BEM UI Melki Sedek Huang Diserang Netizen: Gak Sudi!”. Artikel tersebut menarasikan Instagram Kabem UI yang diserang netizen setelah cuplikan videonya ancam Jokowi viral.

Foto dalam thumbnail video tersebut juga merupakan dua gambar yang disatukan. Gambar kebakaran serupa dengan unggahan Detik berjudul “Kronologi Massa Bakar Ratusan Kios di Oksibil Papua” dan Suara.com berjudul “Jadwal Lengkap Presiden Jokowi Kunjungan ke Samarinda dan Sepaku, Pakai Helikopter Super Puma ke IKN Nusantara”.

Dengan demikian, unggahan video pendukung Jokowi bakar rumah Ketua BEM UI merupakan keliru.

Klaim: Video pendukung Jokowi bakar rumah Ketua BEM UI

Rating: Hoaks

Cek fakta: Misinformasi! Video Jokowi akan menjadi cawapres Prabowo di Pemilu 2024

Cek fakta: Hoaks! Megawati jadikan Jokowi sebagai Ketua Umum PDIP pada 15 Juni

Baca juga: Mahasiswa UI protes kampus belum berikan subsidi pulsa

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023