Jakarta (ANTARA) - Klub liga Jepang (J-League) Cerezo Osaka menandatangani MoU dengan salah satu sekolah sepak bola (SSB) Indonesia, Asiana Soccer School, yang bertujuan untuk membangun sepak bola di Tanah Air sekaligus dapat mengirimkan pemain Indonesia untuk berkarier di Jepang pada masa mendatang.
 
"Kolaborasi ini penting guna membuktikan bahwa Asiana Soccer School terus menjalankan visi dan misinya untuk mengembangkan talenta muda berbakat di tanah air ke kancah," kata Presiden Asiana Soccer School Galih Dimuntur Kartasasmita.
 
Kerja sama ini juga membuat SSB tersebut dapat tiga kali mengirimkan pemain dalam setahun dan menjalani trial selama 15 hari.
 
"Tujuan kerja sama ini agar ada pemain Asiana yang bermain di Jepang, khususnya di Cerezo Osaka, dengan kerja sama sekarang, dan kita diperbolehkan mengirim tiga kali dalam setahun, dua anak per kiriman,” lanjutnya saat konferensi pers penandatanganan MoU kerja sama dengan Cerezo Osaka di Jakarta, Selasa.
 
Penandatanganan MOU itu juga dihadiri oleh Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji.
 
Ketum PSSI, Erick Thohir menyambut baik kerjasama antara Asiana Soccer School dan Cerezo Osaka sejalan dengan pembangunan sepak bola nasional yaitu dari akar (grassroot).
 
"Dengan kerjasama Asiana Soccer School dan Cerezo Osaka ini merupakan pembangunan grassroot, jadi akan ada pengiriman pemain, pelatih dan coaching. Membangun sepak bola itu harus dari bawah dan dari yang muda-muda," kata Erick Thohir saat diwawancara selepas acara.
 
Sementara itu, Menpora Dito Ariotedjo mengapresiasi atas terselenggaranya penandatanganan MoU kerjasama pengembangan sepak bola antara Asiana Soccer School dengan Cerezo Osaka FC.
 
"Atas nama pemerintah, saya menyambut gembira dan sangat mengapresiasi langkah Asiana Soccer School bersama Cerezo Osaka FC Jepang," kata Menpora Dito saat memberikan sambutannya.
 
"Pilihan kerjasama dengan klub sepak bola Jepang merupakan langkah menarik. Dalam satu dekade belakangan sepak bola Jepang menjadi salah satu negara Asia yang menunjukkan kualitas sepakbola yang patut diperhitungkan bahkan selalu langganan masuk Piala Dunia." katanya.

Baca juga: Asiana Soccer School wadah pesepakbola usia dini
Baca juga: PSSI janji mentransformasi total sepak bola nasional

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023