Jakarta (ANTARA) - Co-founder Aura Esports Daniel Santoso menilai regenerasi talenta secara berkelanjutan penting untuk progres tim hingga perkembangan komunitas esports Indonesia mampu bersaing di berbagai turnamen, baik di dalam maupun luar negeri.

Hal ini menyusul Aura yang mengenalkan jajaran pemain andalnya untuk musim baru dari divisi Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) yang bakal berlaga di ajang MLBB Professional League (MPL) musim ke-12 dan MLBB Development League (MDL).

“Bicara soal pemain muda, kami mau seperti tin lain dimana semuanya sedang mencari pemain muda yang memiliki potensi yang besar. Banyak pemain pro yang sekarang sudah menjadi superstar yang memulai (karier esports) dari MDL dulu, pun dengan pemain-pemain MBL kami yang juga memulai dari sana,” kata Daniel saat ditemui di Jakarta, Selasa.

“Regenerasi itu sangat tinggi sekarang. Di Indonesia, (potensi) Mobile Legends besar sekali dan lebih gampang (mencari talenta pemain pro baru), walaupun prosesnya lama untuk meraih result yang kita mau,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: POCO dan AURA kembali bermitra kenalkan jajaran "pro player" anyar

Adapun MDL adalah kompetisi dari MLBB yang kedua setelah MPL. MPL merupakan sebuah kompetisi oleh para pemain pro yang sudah punya pengalaman bermain cukup lama. Sedangkan MDL merupakan kompetisi bagi para pemain pro baru.

Lebih lanjut, Daniel mengatakan saat ini persaingan di turnamen Mobile Legends terbilang cukup kompetitif. Semua tim yang terlibat berlomba untuk menemukan dan mengembangkan talenta baru demi mempertahankan atau merebut gelar di salah satu cabang esports paling populer di Indonesia tersebut.

“Kamu selalu bersaing (ketat), dan kami mencoba untuk mengambil player di MDL, sehingga kita bisa melihat performa mereka seperti apa dan harapannya bisa naik ke MPL. Di MPL sekarang tidak ada batasnya untuk tukar pemain dan kita harus manfaatkan advantage ini,” ujar Daniel.

Sementara itu, divisi MLBB MPL untuk musim ke-12 diisi oleh Julli Kimura (Kimura), Yehezkiel Wiseman (Syn), Usep Setiawan (Facehugger), Leonardo Prasetyo (Kabuki C), Silvn Vannes (Van), dan Jehuda Jodan (High).

Lalu untuk divisi MLBB MDL diisi oleh Muhammad Fikri (Kyzuto), Sultan Muhammad (Aeronshikii), Aldhia Fahmi (Aran), Muhammad Fikri (Ritchi), Al Razali (Brandt), Melvin (Fawndeer), dan Muhammad Azzidan (Aprhooo).

Tak hanya untuk Mobile Legends, ada pula divisi PUBG yang diisi oleh tiga pemain yaitu Fiqri Syachputra (Nomercy), Rayhan Fauzan (Hans4you), dan Muh Fathyn Zilhaq Syah S (Snapee).

Baca juga: Bigetron Alpha lolos seleknas wakili Indonesia di IESF 2023 Rumania

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023