Mekkah (ANTARA) - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) terus berbagi tips bagi jamaah yang masih ada di Tanah Suci jika mengalami demam yang biasa terjadi seusai puncak haji.

"Demam merupakan kondisi di mana suhu tubuh lebih tinggi dari normal. Demam muncul sebagai respons alami tubuh terhadap infeksi. Munculnya demam ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri ataupun virus, bahkan reaksi alergi, " kata dr Tejo Katon, petugas PPIH Arab saudi, di Mekkah, Selasa (4/7).

Baca juga: Belum ada jamaah terjangkit MERS-CoV

Lebih lanjut dr Tejo Katon menyampaikan ada beberapa cara menurunkan demam yang bisa jamaah haji coba di hotel pemondokkan, antara lain:

Pertama, minum banyak cairan, dengan mengkonsumsi banyak cairan saat demam sangatlah penting, karena air dapat membantu mengatur suhu tubuh, membuang bakteri dan virus, serta membuat tubuh bekerja dengan lebih lancar.

Baca juga: Upaya yang bisa dilakukan untuk turunkan angka kasus DBD 

Selain itu, cairan juga dapat mencegah terjadinya dehidrasi saat demam dan semakin tinggi demam yang diderita, semakin tinggi pula risiko dehidrasi.

"Jadi, pastikan jamaah haji tidak lupa untuk minum lebih banyak cairan apalagi cuaca di Mekkah cukup panas," katanya.

Baca juga: Salah kaprah jika turunkan demam dengan kompres di jidat

Kedua, istirahat yang cukup karena demam menandakan bahwa sistem imun di tubuh sedang memerangi bakteri atau virus penyebab infeksi dan agar sistem imun tubuh meningkat, diperlukan istirahat dan tidur yang cukup.

Ketiga, kenakan pakaian yang nyaman karena masih banyak jamaah haji yang beranggapan melapisi tubuh dengan selimut tebal saat demam dapat mengeluarkan keringat dan mempercepat penurunan suhu tubuh.

Baca juga: Obat-obat ini berpotensi melawan virus corona

Namun faktanya, hal itu tidak memiliki manfaat apa pun bagi tubuh, sehingga baiknya menggunakan pakaian yang menyerap keringat, agar panas tubuh tidak terperangkap dalam pakaian.

"Apabila belum turun juga, silahkan untuk minum obat penurun panas dan ingat jangan lupa berdo'a, " kata dr Tejo Katon.

Baca juga: RSMH Palembang isolasi dua pasien terduga infeksi corona
Baca juga: RSMH Palembang benarkan kembali isolasi seorang pasien

Pewarta: Nur Istibsaroh
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023