Sentani (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno meluncurkan Tourist Informatioan Center (TIC) di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, untuk mendorong pergerakan wisatawan nusantara.

"Kami harapkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Papua bisa menggeliat ke depan," kata dia di Sentani, Rabu.

Menurut Sandiaga, peluncuran TIC di Bandara Sentani saat ini merupakan yang pertama pada tingkat kabupaten di seluruh Indonesia.

"Dengan scan barkode ini sangat mudah untuk wisatawan dan bisa mendorong mendapatkan informasi terkait produk ekonomi kreatif di Papua," ujarnya.

Dia menjelaskan selain itu juga bisa mendorong pergerakan wisatawan nusantara karena pihaknya menargetkan 1,4 miliar wisatawan nusantara yang setiap pergerakan menghasilkan dampak ekonomi kepada masyarakat setempat.

"Dan target lapangan kerja akan diharapkan bisa mencapai 4,4 juta pada 2024 sehingga mungkin dicapai jika seluruh kabupaten di Indonesia memiliki inovasi yang sama," katanya lagi.

Sementara itu, Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo mengatakan dengan peluncuran TIC di Bandara Sentani merupakan motivasi bagi pelaku ekonomi kreatif dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat di daerah itu.

"Sehingga kami memberikan apresiasi kepada Menparekraf yang telah meluncurkan TIC di Bandara Sentani, kami harap ke depan ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Jayapura bisa lebih bertumbuh dan berkembang," katanya.

Baca juga: Sandi Uno berstrategi kembangkan wisata megalitikum
Baca juga: Sandiaga Uno sebut pariwisata berkelanjutan menjadi tren saat ini
Baca juga: Menparekraf bidik turis India sebagai antisipasi resesi Eropa

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023