Kita harapkan dengan penanaman pohon ini, sebagai mitigasi untuk pengurangan pemanasan global, perbaikan siklus hujan, air tanah dan kebersihan udara
Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mendorong masyarakat untuk ikut berkontribusi dan aktif dalam gerakan penanaman pohon guna menghijaukan lingkungan di daerah tersebut.

"Alhamdulillah, hari ini kita melakukan penanaman pohon produktif bersama KPH Cenrana dan masyarakat. Mari kita hijaukan lingkungan dan menyelamatkan bumi," katanya dalam keterangan di Makassar, Rabu.

Gubernur ikut melaksanakan kegiatan penanaman pohon di sekitar Embung Pallae di Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone.

Penanaman ini dilaksanakan oleh Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Cenrana pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Sulsel bersama masyarakat.

Adapun penanaman yang dilakukan sebanyak 500 pohon produktif, yang terdiri atas tiga  jenis, yakni durian, rambutan, dan alpukat.

"Kita harapkan dengan penanaman pohon ini, sebagai mitigasi untuk pengurangan pemanasan global, perbaikan siklus hujan, air tanah dan kebersihan udara," katanya.

Ia berharap dukungan masyarakat dalam menjaga pohon yang telah ditanam. "Mari galakkan untuk menghijaukan lingkungan, untuk warisan anak-cucu kita," tambah Andi Sulaiman Sudirman.

Sebelumnya, PemprovSulsel telah mewajibkan setiap siswa pada tingkat SM) sederajat menanam lima pohon guna melestarikan lingkungan.

Pemprov Sulsel berupaya mempertahankan tutupan lahan, yaitu dengan mewajibkan khusus untuk siswa SMA menanam dan memelihara minimal lima pohon selama mereka sekolah di SMA.

Program penanaman pohon itu telah diluncurkan pada peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2021 di Makassar dan tengah dilaksanakan secara bertahap oleh pihak sekolah.

Baca juga: Basarnas Sulsel tanam 501 bibit pohon mangrove cegah abrasi

Baca juga: Sulsel wajibkan setiap siswa tanam 5 pohon guna lestarikan lingkungan

Baca juga: AMI Sulsel gandeng kampus tanam pohon terancam punah

Baca juga: 1000 pohon mangrove ditanam istri TNI-AL di Makassar

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023