Saya ingat Budapest sangat cantik."
Budapest (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengapresiasi keindahan Kota Budapest yang pernah dikunjunginya 17 tahun lalu, saat masih bertugas sebagai tentara penjaga perdamaian PBB di Bosnia.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Yudhoyono dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Hongaria Janos Ader di Istana Sandor, Budapest, Hongaria, Rabu petang waktu setempat.

"Saya ingat Budapest sangat cantik," katanya.

Ia mengatakan bahwa 17 tahun lalu saat bertugas sebagai tentara penjaga perdamaian PBB di Bosnia pernah berkunjung ke Budapest sebanyak tiga kali.

Budapest disebut sebagai salah satu kota terindah di Eropa dengan sederet situs Warisan Dunia, antara lain Buda Castle Quarter, Andrassy Avenue, Heroes` Square dan jalur kereta bawah tanah yang merupakan kedua tertua di dunia.

Presiden tiba di Budapest Rabu siang sekitar pukul 11.00 waktu setempat dan kemudian melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Ader pada Rabu sore.

Di Istana Sandor, Presiden Yudhoyono disambut dengan upacara kenegaraan.

Pada Rabu malam, Kepala Negara beserta Ibu Ani Yudhoyono menghadiri jamuan santap malam di Istana Sandor.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Ani antara lain Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa. (G003/Z002)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013