Lampung Selatan (ANTARA) - Peserta Jumpa Bakti Gembira (Jumbara), Palang Merah Remaja (PMR) Nasional IX/2023, mengikuti kegiatan penanaman 1.000 bibit bakau (mangrove) di Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan.

"Mangrove yang kita tanam ada 1.000 pohon, jadi bibit itu sudah kita sediakan sesuai kontingen masing-masing, dan kita juga sudah menyediakan tempat untuk teman-teman internasional dan satu orang itu ada yang menanam satu sampai dengan tiga bibit yang ditanam," kata salah satu petugas panitia penanaman mangrove, Heri, di Lampung Selatan, Rabu.

Ia mengatakan, penanaman mangrove tersebut, diikuti sebanyak 34 kontingen atau provinsi dari seluruh Indonesia, serta 19 orang dari negara sahabat.

"Jadi penanaman mangrove dan bersih-bersih lingkungan ini diikuti 34 provinsi dan ada tadi teman-teman tamu negara sahabat totalnya ada 19 orang yang ikut kegiatan penanaman," kata dia.

Baca juga: Pemkab Lampung Selatan kenalkan UMKM dan wisata di Jumbara 2023

Kegiatan penanaman mangrove ini kata dia, bertujuan untuk mengenalkan dan mengedukasi tentang pentingnya tumbuhan bakau tersebut di area pantai.

"Jadi tujuannya adalah untuk lebih mengenalkan ya kepada teman-teman PMR, mangrove itu apa, fungsinya untuk apa, agar mereka juga tau makanya kita mengundang teman-teman dari komunitas mangrove untuk mengedukasi ini loh fungsinya di bumi, dan juga sebagai langkah untuk mitigasi bencana," katanya.

Ia berharap, agar nantinya setelah dilakukan kegiatan menanam mangrove tersebut, dapat memberikan pengetahuan serta dapat menjadi penggerak di wilayah mereka masing-masing.

"Agar teman-teman PMR ini juga bisa mengedukasi teman-temannya nanti di sekolah fungsi dari mangrove itu seperti apa dan mungkin juga mereka bisa jadi penggerak untuk melakukan kegiatan ini di tempat-tempat mereka masing-masing nantinya," ujar dia.

Salah satu peserta dari DKI Jakarta, Salwa mengatakan, dirinya sangat bangga karena telah mengikuti kegiatan menanam mangrove di Lampung Selatan.

"Seru banget, kami merasa bangga bisa menanam langsung mangrove, kami menjadi tau mangrove itu apa, dan harapan saya agar pohon itu nantinya menjadi tumbuh dengan baik," kata Salwa.

Baca juga: Jusuf Kalla: Jumbara ajang silaturahim anggota PMR
Baca juga: Warga antusias mengunjungi Jumbara PMR Nasional di Lampung Selatan
Baca juga: Kehadiran JK di kemah Kontingen PMI Jabar jadi motivasi peserta

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023