Mentok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan pelatihan pemasaran digital kepada para pelaku wisata agar sektor pariwisata semakin dikenal dan berkembang.

"Kami berharap para pelaku wisata semakin kreatif, inovatif dan mampu bersama-sama memajukan pariwisata daerah sehingga ke depan sektor pariwisata akan semakin maju dan memberikan manfaat bagi kemajuan perekonomian daerah," kata Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Bangka Barat Muhammad Ali di Mentok, Rabu.

Ia mengatakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat akan terus memberikan pelatihan dan pendampingan bagi para pelaku usaha wisata agar bisa bersama-sama dalam meningkatkan sadar wisata untuk kemajuan pariwisata daerah.

"Mulai hari ini hingga dua hari ke depan, kita berikan pelatihan kepada sebanyak 40 orang peserta yang berasal dari enam kecamatan di Kabupaten Bangka Barat, mereka kita berikan bekal materi pemasaran digital," katanya.

Para peserta yang diberikan pelatihan adalah pelaku usaha atau berprofesi sebagai pengelola destinasi, daya tarik wisata dan pelaku ekonomi kreatif.

Menurut Ali pemasaran digital ini cukup penting dan sesuai kebutuhan karena saat ini adalah era revolusi industri 4.0.

Eksistensi pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam membangun pariwisata di Bangka Barat dengan memfasilitasi para pelaku pariwisata dengan melakukan pembinaan dan peningkatan pengetahuan bagi para pelaku industri pariwisata khususnya pengelola destinasi wisata dan pelaku ekonomi kreatif.

"Sampai sejauh ini kita sudah memberikan pelatihan sebanyak tiga kali dari sembilan kali kegiatan yang sudah direncanakan untuk tahun ini," katanya.

Pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ini untuk membina pelaku-pelaku pariwisata karena membangun pariwisata di Barat Barat harus dari bawah, yaitu mulai dari desa-desa dengan cara meningkatkan sadar wisata dan sapta pesona.

"Dengan adanya kesadaran bersama untuk mewujudkan sapta pesona dan sadar wisata kami optimis pariwisata Bangka Barat akan semakin maju," katanya.

Baca juga: Mendag tekankan keahlian promosi digital tak dapat dihindari UMKM

 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023