Jakarta (ANTARA) - Platform sosial berbasis video pendek SnackVideo melakukan kerja sama dengan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPPSDM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam pemanfaatan media sosial untuk mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah sektor kelautan dan perikanan.

"SnackVideo menyadari bahwa dukungan kepada UMKM akan semakin besar dampaknya apabila dilakukan secara kolaboratif dengan pemangku kepentingan yang berkaitan. Karena itu, ketika ada peluang untuk berkolaborasi dengan BPPSDM Kementerian Kelautan dan Perikanan, kami dengan antusiasme menyambutnya," kata Head of Marketing SnackVideo Indonesia Dina Bhirawa melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Dina menjelaskan bahwa kolaborasi dilakukan setelah melihat adanya kesamaan visi dan misi antara SnackVideo dan KKP dalam memajukan UMKM di Indonesia. Melalui kerja sama tersebut, SnackVideo akan memberikan berbagai dukungan yang dapat memperkaya wawasan dan kemampuan para pelaku UMKM binaan BPPSDM-KKP.

"Mereka dapat memanfaatkan platform SnackVideo sebagai media pemasaran dan promosi yang menarik dan informatif," Dina menambahkan.

Baca juga: SnackVideo bagikan tips maksimalkan konten live stream

Salah satu kebijakan pemerintah Indonesia dalam pemberdayaan UMKM adalah digitalisasi UMKM karena dapat meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan produktivitas, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan daya saing.

Pemerintah memiliki target sejumlah 40 juta UMKM yang telah terdigitalisasi pada 2024. KKP memiliki strategi dalam mendorong UMKM kelautan dan perikanan untuk berkembang, antara lain pendampingan yang mencakup berbagai aspek seperti pelatihan pemasaran digital.

"BPPSDM menyelenggarakan kegiatan pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan bagi masyarakat. BPPSDM juga memiliki banyak kelompok usaha perikanan yang kami latih dan didampingi oleh para penyuluh perikanan. Terdapat juga mitra kami Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan atau P2MKP," ujar Kepala BPPSDM I Nyoman Radiarta.

Dia juga menuturkan bahwa terdapat pula wirausaha para taruna di satuan-satuan pendidikan badan tersebut. Kelompok-kelompok tersebut dapat menjadi sasaran kerja sama pada masa mendatang.

Baca juga: SnackVideo hadirkan solusi konten "exclusions" bagi keamanan pengguna

Digitalisasi merupakan langkah penting untuk mendorong UMKM agar dapat naik kelas. Dari UMKM binaan KKP yang rutin mengikuti pelatihan pemasaran digital, usaha mereka berkembang pesat setelah produk-produknya tak hanya dipromosikan dan dipasarkan secara daring dan luring.

Kerja sama yang dilakukan antara SnackVideo dan BPPSDM-KKP akan berlangsung sepanjang 2024. Cakupan kerja sama yang dilakukan berupa pelatihan dan bimbingan oleh SnackVideo untuk para pelaku UMKM binaan BPPSDM-KKP dalam pemanfaatan media sosial berbasis video pendek.

Dalam pelatihan itu, SnackVideo akan berbagi kiat dan trik membuat konten video pendek yang kreatif, namun, tetap informatif sehingga lebih banyak pengguna SnackVideo yang tertarik untuk menonton.

Dukungan juga diberikan dengan memverifikasi akun milik KKP di SnackVideo serta melakukan penayangan konten-konten video pendek milik KKP berdasarkan demografi yang sesuai agar dapat menjangkau audiens dengan tepat.

Melalui kolaborasi dengan BPPSDM-KKP, SnackVideo berharap lebih banyak peluang kolaborasi dengan lembaga-lembaga pemerintahan lainnya dari berbagai sektor akan terbuka sehingga upaya mendukung UMKM untuk tumbuh dan berkembang menjadi lebih masif dan menyeluruh.

Baca juga: Kemenkop UKM sebut indeks digitalisasi tolak ukur pengembangan UMKM

Baca juga: Pemerintah komitmen akselerasi digitalisasi UMKM secara holistik

Baca juga: Digitalisasi mewadahi UMKM untuk wujudkan mimpi-mimpi

Baca juga: Tugure gandeng Sirclo wujudkan digitalisasi UMKM

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023