Jakarta (ANTARA/JACX) - Ketua BEM UI Melki Sedek Huang ramai dibicarakan setelah kritiknya ke Presiden Jokowi di kanal YouTube Abraham Samad pada Senin (26/6) ramai di media sosial.

Sebuah unggahan video di YouTube berdurasi 10 menit menarasikan Ketua BEM UI ditangkap polisi. Video tersebut juga diklaim sebagai video detik-detik Melki tiba di Bareskim.

Berikut narasi dalam video tersebut:

“Mengerikan Printah Jokowi Ke Kapolri, Detik-detik Ketua BEM UI Tiba Di Bareskrim”

Namun, benarkah video tersebut merupakan detik-detik Ketua BEM UI ditangkap atas suruhan Jokowi?

 

Unggahan video hoaks yang menarasikan Ketua BEM UI ditangkap polisi atas suruhan Jokowi pada 3 Juli. Faktanya, isi video tersebut tidak sesuai dengan judul. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, dalam video tersebut tidak terdapat informasi mengenai Ketua BEM UI yang ditangkap atas suruhan Jokowi ke Kapolri. Potongan video dalam unggahan tersebut merupakan potongan dari podcast Ketua BEM UI di kanal YouTube dan juga menjelaskan sejumlah pengalaman Melki Sedek Huang.

Selain itu, terdapat video Jokowi ungkap cacian dan hinaan merupakan hal yang biasa, yang merupakan bahan pemberitaan pada tahun 2015. 

Dengan demikian, isi video tersebut tidak sesuai dengan narasi judul. Dalam unggahan tersebut juga tidak terdapat video detik-detik Ketua BEM UI tiba di Bareskim.

Klaim: Video Ketua BEM UI ditangkap polisi atas suruhan Jokowi pada 3 Juli

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Video pendukung Jokowi bakar rumah Ketua BEM UI

Cek fakta: Misinformasi! Video Jokowi akan menjadi cawapres Prabowo di Pemilu 2024

Baca juga: BEM UI rilis rekomendasi kebijakan penanganan polusi udara DKI

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023