... kehilangan besar buat saya secara pribadi dan buat rakyat Suriah... "
Damaskus (ANTARA News) - "Kematian presiden Venezuela, Hugo Chavez, adalah kehilangan besar buat saya secara pribadi dan buat rakyat Suriah, seperti kehilangan besar bagi rakyat Venezuela, dan semua orang jujur di dunia", kata Presiden Suriah, Bashar al-Assad.

Menurut media pemerintah, dalam surat belasungkawa yang dikirim kepada wakil presiden Venezuela, Rabu (6/3), al-Asaad mengatakan, Chavez telah menjadi penjelmaan ketegaran legendaris dalam menghadapi upaya Amerika Serikat menguasai rakyat dan semua negara. 

Chavez juga mampu memelihara kedaulatan Venezuela serta mencegah campur tangan dalam urusan dalam negerinya.

Chavez meninggal pada Selasa di satu rumah sakit militer di Caracas, setelah berjuang melawan kanker selama dua tahun belakangan.

Pemimpin lama anti-Amerika Serikat itu telah muncul sebagai pendukung kuat Pemerintah Presiden Bashar al-Assad dan menuduh persekongkolan pimpinan Amerika Serikat sebagai pangkal krisis di Suriah.

Pada penghujung tahun lalu, Chavez mengatakan dalam satu taklimat bahwa pemerintah Amerika Serikat adalah pihak yang paling bertanggungjawab atas bencana krisis Suriah ini.

(C003) 

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013