Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kota Sabang, Aceh mulai merumuskan konsep Sabang sebagai kota cerdas dengan keunggulan wisata bahari, setelah terpilih sebagai salah satu dari 50 daerah di Indonesia yang akan mengimplementasikan gerakan menuju kota cerdas (smart city) 2023.

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, Rabu, mengatakan sebagai langkah awal untuk mengenalkan dan menyerap informasi dalam mengembangkan konsep smart city, maka pemerintah menggelar bimbingan teknis penyusunan master plan smart city Kota Sabang.

"Dikatakan smart city, tentu seluruh bagian yang menjadi elemen dari ekosistem di kota Sabang ini, harus memiliki inovasi-inovasi dan terobosan yang memberikan kemudahan, mengatasi persoalan serta melakukan efisiensi di segala hal," kata Reza di Kota Sabang.

Dengan mengusung tema implementasi menuju kota cerdas 2023, bimbingan teknis tersebut turut didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo).

Ia menjelaskan, setidaknya tiga hal yang menjadi prioritas dalam penerapan kota cerdas Sabang dengan keunggulan wisata bahari, yaitu pelayanan publik, peningkatan kualitas produk, dan smart environment.

Kemudian diikuti dengan pilar-pilar pembangunan kota cerdas lainnya, ujar Reza.

Dalam hal ini, tenaga ahli yang ditunjuk Kemekominfo RI, Surahyo Sumarsono mengatakan dirinya mendukung penuh pengembangan Kota Sabang sebagai smart city dengan keunikan dan keunggulan pariwisata itu,

Dosen dan peneliti Universitas Gajah Mada (UGM) dalam menerapkan konsep kota cerdas itu menilai wilayah Pulau Weh Sabang itu memiliki keunikan dibandingkan daerah lain.

"Kota Sabang berbeda dan memiliki keunikan yang tidak dimiliki dari daerah lain. Tentunya aspek pariwisata akan menjadi pendukung dalam terbentuknya kota cerdas Sabang," ujarnya.

Surahyo menjelaskan, ada enam pilar pembangunan smart city yang akan dibangun dengan menyelaraskan prioritas Pj wali kota Sabang, yakni smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smartenvironment.

Selanjutnya, kata dia, pihaknya akan mengunjungi dinas-dinas di Kota Sabang untuk mendukung dan mengembangkan potensi yang ada dan menyelaraskannya dengan konsep smart city.

“Sehingga dengan bersama-sama kita dapat menyusun berbagai strategi dan solusi dalam membangun kota Sabang sebagai smart city," ujarnya.


Baca juga: Mengintip kenyataan kota cerdas Surabaya

Baca juga: Suharso: Pembangunan IKN usung konsep kota hutan dan kota cerdas

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023