Beijing (ANTARA) - Delegasi Jepang dipimpin mantan ketua Dewan Perwakilan Rakyat Yohei Kono pada Rabu bertemu dengan Perdana Menteri China Li Qiang di Beijing untuk berbicara guna membantu menstabilkan hubungan bilateral yang tengah genting.

Pertemuan antara Li dan delegasi beranggotakan 80 orang termasuk Gubernur Okinawa Denny Tamaki itu terjadi ketika hubungan kedua negara menegang akibat China menahan seorang pengusaha Jepang pada Maret dan rencana Tokyo melepaskan air radioaktif  dari pembangkit tenaga nuklir Fukushima yang lumpuh, ke laut.

Li menyambut baik misi Asosiasi Jepang untuk Promosi Perdagangan Internasional di Balai Agung Rakyat dan menyampaikan terima kasih kepada delegasi itu  karena sudah mempromosikan kerja sama ekonomi dan perdagangan antara kedua negara.

Baca juga: China minta Jepang, Korsel tolak kebangkitan mentalitas Perang Dingin

"Dalam percakapan sehari-hari saya dengan rekan-rekan Jepang, setiap orang memiliki pandangan yang sama bahwa China dan Jepang harus rukun dan saling mendukung demi hasil kerja sama yang saling menguntungkan yang lebih besar," kata Li.

Delegasi yang terdiri dari  perwakilan-perwakilan dunia usaha itu melakukan kunjungan pertamanya ke China sejak April 2019.

Tamaki secara terpisah mengunjungi Provinsi Fujian di tenggara China pada Kamis. Provinsi itu mempertahankan hubungan persahabatan dengan Prefektur Okinawa karena memiliki akar sejarah sama selama lebih dari 600 tahun, termasuk periode Kerajaan Ryukyu, yang berlangsung hingga abad ke-19.

Baca juga: Forum kerja sama China, Jepang, dan Korsel dibuka di Qingdao, China

Sumber: Kyodo-OANA

 

Penerjemah: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023