Kendari (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari menggelar bakti sosial donor darah serta pemeriksaan kesehatan dan layanan keluarga berencana (KB) berupa pemasangan alat kontrasepsi secara gratis kepada masyarakat pesisir di daerah tersebut.

Komandan Lanal Kendari Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari di Kendari, Rabu, mengatakan bakti sosial kesehatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-42 Lanal Kendari yang diperingati setiap 8 Agustus.

"Untuk hari ini bakti sosial yang dilakukan berupa donor darah yang melibatkan TNI-Polri dan instansi maritim. Selain itu, juga pemeriksaan kesehatan dan pelayanan KB gratis bagi warga," katanya.

Baca juga: TNI AL Kendari gelar khitan massal-pemeriksaan kesehatan warga pesisir

Kolonel Mulku mengemukakan untuk kegiatan donor darah, sebanyak 64 orang mendaftar, namun setelah dilakukan pemeriksaan yang memenuhi syarat hanya 35 orang.

Sedangkan tujuh pendaftar tidak memenuhi syarat akibat HB rendah dan tensi tinggi serta 22 pendaftar dengan golongan darah B dan AB ditolak untuk melakukan donor karena stok darah tersebut penuh di Palang Merah Indonesia (PMI) setempat, jika ditambah maka akan kedaluwarsa.

Sementara itu, untuk layanan pemasangan alat kontrasepsi keluarga berencana (KB), Lanal Kendari menggandeng Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) setempat.

Baca juga: TNI AL Kendari perkuat sinergi bersama kepolisian kawal NKRI

"Untuk layanan KB ini, jumlah akseptor yang ikut KB sebanyak 18 orang dengan rincian implan 14 orang, suntik dua orang, spiral dan pil masing-masing satu orang," kata Kolonel Mulku.


 
TNI AL Kendari gelar donor darah dan layanan KB bagi warga pesisir, di Kendari, Rabu (5/7/2023). ANTARA/Harianto




Ia menambahkan, selain donor darah dan pelayanan KB, Lanal Kendari juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Kegiatan bakti kesehatan ini menyasar masyarakat pesisir khususnya di tiga kelurahan, yakni Kelurahan Kesilampe, Kendari Caddi, dan Kampung Salo di kota tersebut.

Kolonel Mulku menuturkan layanan pemeriksaan kesehatan gratis tersebut dilakukan sebagai wujud kepedulian TNI AL untuk membantu masyarakat kurang mampu utamanya di wilayah pesisir, serta untuk menjalin silaturahim antara masyarakat dan prajurit Jalasena.

Baca juga: Lanal Kendari maksimalkan patroli cegah pelanggaran di perairan Sultra

Sebelumnya, pada Selasa (4/7), Lanal Kendari juga menyelenggarakan khitanan massal secara gratis. Dari kegiatan itu sebanyak 60 orang yang mendaftar, tetapi yang melakukan pendaftaran ulang hingga selesai dikhitan sebanyak 52 anak.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023