"Hal ini merupakan wujud kebersamaan dan keakraban serta sinergi nyata antara TNI AL, TNI dan Polri dalam pengabdian tugas kepada masyarakat bangsa dan negara dalam mengawal NKRI khususnya di wilayah Sulawesi Tenggara,"
Kendari (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari memperkuat sinergi dan koordinasi bersama jajaran kepolisian yang ada di daerah tersebut dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Komandan Lanal Kendari Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari di Kendari, Rabu mengatakan pihaknya memanfaatkan momen HUT ke-77 Bhayangkara untuk mempererat silaturahim bersama jajaran Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Polda Sultra) dengan menyambangi Polres jajaran.

"Hal ini merupakan wujud kebersamaan dan keakraban serta sinergi nyata antara TNI AL, TNI dan Polri dalam pengabdian tugas kepada masyarakat bangsa dan negara dalam mengawal NKRI khususnya di wilayah Sulawesi Tenggara," katanya.

Menurutnya jika sinergi dan solidaritas TNI-Polri dibangun dengan baik maka masyarakat akan merasa nyaman dan aman dalam menjalankan aktivitas sehari-hari khususnya di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Selain itu, memupuk sinergi TNI-Polri mulai dari tingkat pimpinan sampai petugas di lapangan sangat penting dilakukan sehingga memiliki tekad dan semangat yang sama dalam menjaga keamanan, keutuhan, dan kedaulatan negara apalagi akan menghadapi pesta demokrasi.
 
Sejumlah perwira TNI AL Kendari menyambangi Polresta Kendari, Rabu (5/7/2023) (ANTARA/Harianto)


Lanal Kendari bersama seluruh jajaran yang ada di Kabupaten Konawe Selatan, Konawe Utara, Kolaka, Wakatobi dan Kota Baubau menyambangi setiap Polres yang ada di daerah masing-masing untuk mempererat silaturahim di momen Hari Bhayangkara.

"Dalam rangka Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-77, Lanal Kendari beserta seluruh jajaran memberikan kejutan berupa kue ulang tahun di jajaran Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara," ujar Mulku.

Ia berharap adanya sinergi yang baik antara TNI-Polri akan berdampak pada terciptanya stabilitas politik dan keamanan yang baik sehingga terwujudnya kesejahteraan masyarakat, pertumbuhan ekonomi, dan investasi khususnya di wilayah Sulawesi Tenggara.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023