Palembang (ANTARA) - Perum Damri menyiapkan sebanyak sembilan unit bus untuk menjemput kepulangan jamaah haji melalui debarkasi Palembang di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II.

“Kami menyiapkan sembilan unit bus untuk menjemput kepulangan jamaah haji melalui debarkasi Palembang dari Bandara Internasional SMB II menuju ke asrama haji,” kata Manajer Operasional Perum Damri Palembang Muhajir di Palembang, Rabu.

Ia menjelaskan setiap bus berkapasitas 45 orang yang dilengkapi dengan fasilitas pendingin suhu (AC) dan toilet, namun satu bus dikhususkan untuk jamaah haji lanjut usia (lansia).

Baca juga: Kloter pertama jamaah haji Debarkasi Palembang bakal tiba Kamis ini

Selain itu, Damri Palembang juga menyiapkan dua unit truk boks guna mengangkut barang bawaan jamaah haji tersebut. Pihaknya juga selalu melakukan pengecekan keadaan bus dan truk agar tidak terjadi kendala pada proses penjemputan.

Rencananya, bus untuk angkutan menjemput jamaah haji mulai 6 Juli hingga 3 Agustus 2023.

Sebelum pelaksanaan, pihaknya sudah melakukan simulasi penjemputan jamaah haji di Bandara SMB II Palembang guna memastikan tidak adanya kendala dalam pelaksanaannya.

Baca juga: Tiga calon haji Embarkasi Palembang ditunda berangkat

Baca juga: Seorang peserta haji asal Bangka wafat di Mekkah akibat sesak nafas


“Simulasi tersebut dilakukan untuk memastikan tidak ada kendala dalam proses penjemputan, karena kepulangan jamaah haji kloter pertama debarkasi Palembang bersamaan dengan kedatangan Wakil Presiden Ma'ruf Amin ke Palembang menghadiri peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2023 di Kabupaten Banyuasin, Sumsel,” ujarnya.

Ia mengatakan selama proses mengantarkan jamaah haji dari Asrama Haji Palembang menuju ke Bandara Internasional SMB II tidak mengalami kendala.

“Kami juga berharap dalam proses penjemputan ini tidak ada kendala," kata Muhajir.

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023