Bandung (ANTARA News) - Pembalap wanita andalan Indonesia Alexandra Asmasoebrata (Andra) menggandeng Pertamina sebagai sponsor pada Kejuaraan Asian Formula Renault Series 2013 dengan seri pembuka di Zhuhai Internasional Circuit China, 16-17 Maret 2013.

"Tahun ini Andra bisa konsentrasi setelah mendapat sponsor yakni Pertamina dan sejumlah sponsor lainnya. Andra akan mengawali seri pertama di Zhuhai Circuit China 16 Maret nanti," kata Manajer Alexandra Pertamina Racing Team, Alexandra Asmasoebrata di Bandung, Jumat.

Menurut Alex, pembalap andalan yang juga putri satu-satunya itu akan berlaga pada 10 seri atau putaran AFR 2013 dan bersaing dengan 20 pembalap lainnya dari Finlandia, China, Spanyol, Hongkong, Indonesia, Jepang, Macau, Rusia, Singapura dan AS.

Ia menyebutkan, manajemen yakin pada seri pertama di Zhuhai China dapat naik podium. Menurut Alex, Andra sudah cukup mengenal karakter sirkuit itu sejak Tahun 2004 dan telah 34 kali berlaga di sirkuit ini.

"Andra pernah beberapa kali menjadi juara di sirkuit itu, sedangkan prestasi yang pernah diraihnya Juara Umum II AFR Asia Challenge 2011," katanya.

Pada sirkuit sepanjang 4,3 kilometer itu pula Andra pernah menorehkan sejarah sebagai wanita pertama di dunia yang pernah menjadi juara pada ajang kejuaraan AFR sejak 11 tahun balap Formula Renault diselenggarakan di Eropa dan Asia.

"Andra akan berusaha mengulang sukses yang diraih tahun 2011 di ajang itu dengan 14 piala di sana, tahun ini ia konsentrasi penuh untuk mengulang sukses itu," katanya.

Perjuangan Andra sudah disiapkan oleh tim mekanik, yang mempersiapkan kendaraan formula Renault yang akan digunakan oleh Andra yang juga jebolan Universitas Paramadina itu.

Kendaraan yang akan dikemudikannya telah dilakukan penyetelan optimal untuk lintasan Zhuhai Circuit China dan Shanghai International Circuit yang digunakan untuk AFR 2013.

Ajang balapan di Asia itu, kata Alex menjadi batu loncatan untuk bisa meraih tiket untuk berlaga di ajang balapan internasional di Eropa.

Selain melakukan persiapan maksimal, latihan rutin dan fisik, gadis peraih sejumlah penghargaan dari Pemerintah RI tersebut juga melakukan umroh ke Tanah Suci Mekah sebelum berangkat ke China.

"Selama sembilan hari saya ajak Andra berumrah, dan hal ini membuat Andra semakin mantap dan yakin untuk berjuang mengibarkan Merah Putih di balapan internasional," kata Alex Asmasoebrata.

(S033/Y003)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013