"Total warga Sampang yang menunaikan ibadah haji tahun ini 406 orang, akan tetapi yang pulang hari ini hanya 405 orang,"
Sampang (ANTARA) - Sebanyak 405 jamaah haji asal Sampang Madura, Jawa Timur yang telah menunaikan ibadah haji dari Tanah Suci Makkah, tiba di daerah asal.

Jamaah haji  tiba di Pendopo Pemkab Sampang, Rabu dengan diangkut 10 armada bus.

"Total warga Sampang yang menunaikan ibadah haji tahun ini 406 orang, akan tetapi yang pulang hari ini hanya 405 orang," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Sampang Abdul Wafi.

Jumlah jamaah berkurang, karena satu orang di antaranya meninggal dunia di Tanah Suci.

Wafi menjelaskan, jamaah yang meninggal dunia itu bernama Hodari Bakri Arsiman asal Desa Ragung, Kecamatan Pangarengan, Sampang. Meninggal dunia di Madinah, karena sakit.

Kedatangan jamaah haji asal Kabupaten Sampang ini disambut langsung Wakil Bupati Sampang Abdullah Hidayat saat di Asrama Haji Sukolilo pada Selasa(4/7).

Selain Wabup, pimpinan institusi pemerintahan yang tergabung dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sampang juga mendampingi Wabup Abdullah Hidayat ke Surabaya.

Abdullah Hidayat mengaku bersyukur dan berbahagia karena bisa menyambut kepulangan para jemaah yang telah menjadi tamu Allah SWT.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup juga mengimbau agar proses penjemputan dan pemulangan oleh keluarga mematuhi prosedur teknis yang telah ditetapkan agar berjalan tertib dan lancar.

Pihaknya juga mengimbau agar para jemaah haji senantiasa menjaga kebugaran tubuh karena Ibadah Haji yang baru ditunaikan menguras ketahanan fisik dan menempuh perjalanan jauh.

“Keluarga dan kerabat sudah menanti di rumah, tetap jaga kesehatan dan kami ucapkan terima kasih karena telah mendoakan Kabupaten Sampang saat di tanah suci,” katanya.

Ia juga mengapresiasi para petugas haji yang telah membantu mengatur segala hal selama para jemaah menunaikan ibadah rukun Islam ke lima itu.

“Semoga kepulangan jamaah haji tak hanya membawa predikat haji mabrur, tetapi juga ikut membawa rahmat dan berkah untuk segenap masyarakat Kabupaten Sampang,” katanya.
Baca juga: Calon haji asal Sumenep-Madura meninggal dunia di Mekkah
​​​​​​​
Baca juga: Wakil Bupati minta calon haji doakan kondisi Sumenep-Jatim lebih baik
Baca juga: Seorang haji asal Kabupaten Magetan meninggal dunia di Mina

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023