Jakarta (ANTARA) - Pegolf putra Indonesia Gabriel Hansel selangkah lagi untuk bisa meraih gelar juara Medco-Pondok Indah Amateur Golf Championship 2023 setelah berhasil menggeser wakil Malaysia Malcolm Ting Sion Hung pada putaran kedua.

Tampil di Pondok Indah Golf Course, Jakarta, Rabu, Hansel mencetak skor apik yakni 65 pukulan atau 7 di bawah par. Hasil tersebut memastikannya berada di puncak klasemen sementara menggeser Malcolm yang pada hari pertama di urutan pertama.

Secara keseluruhan, Hansel telah mengoleksi 135 pukulan atau 10 di bawah par. Dia unggul lima pukulan dari Malcolm yang meraih perak pada SEA Games XXXII/2023 Kamboja. Posisi ketiga ada wakil tuan rumah Rayhan Abdul Latief dengan 143 (-1).

"Malcolm bermain bagus. Kemarin saya tidak satu flight dengannya. Tapi hari ini, saya bisa melihat permainannya. Drive dan puttingnya bagus. Saya akan tetap bermain pada game plane untuk final, besok. Tak ada perubahan," ujar Hansel yang pada hari ini tampil bersama Malcolm, Anson Boon Xiang Yeo (Malaysia) dan Abel Eduard (Australia).

Baca juga: Pegolf Indonesia kuasai hari pertama Amateur Golf Championship 2023

Hansel mengaku mengalami kendala karena tangan kiri sakit. Namun kondisi tersebut tak membuat semangat pegolf asal Jawa Timur itu surut. Dia bertekad untuk bisa mencapai target juara.

"Saya tidak memikirkan rasa sakit. Target saya adalah menang," ujarnya menuturkan. Hanse tercatat mencetak birdie di hole 3, 4, 6, 7, 10, 16, 17, dan 18. Dia juga melakukan kesalahan dengan bogey di lubang 15.

Sedangkan pada sektor putri, dominasi tuan rumah berlanjut. Elaine Widjaja mempertahankan posisi puncak setelah hari ini mencatat 71 pukulan atau 1 di bawah par. Dia birdie di hole 1, 7, 12 dan 18. Dia juga bogey di lubang 2, 4, 16

"Secara keseluruhan permainan saya berjalan baik. Sama seperti hari pertama, saya fokus ke setiap pukulan. Tidak ingin ada tekanan. Saya sudah berlatih selama ini jadi tinggal bermain saja," ujar Elaine.

Baca juga: Amateur Golf Championship 2023 bawa misi lebih memasyarakatkan golf

Para pegolf putri Indonesia masih mendominasi posisi puncak klasemen sementara. Peringkat kedua ditempati oleh Kristina Natalia Yoko yang juga pegolf timnas Indonesia. Hari ini Yoko mencetak skor yang sama dengan Elaine, yaitu 71 pukulan, sehingga total mengumpulkan 144 pukulan atau par. Peringkat ketiga ditempati oleh Sania Talita Wahyudi dengan 145 pukulan atau 1 di atas par.

Total 10 pegolf putri lolos cut off, dengan batas skor 154 pukulan atau 10 di atas par. Pada divisi putra ada 37 pegolf yang lolos cut off, dengan batas skor 159 pukulan atau 15 di atas par. Namun, para pegolf yang tidak lolos cut off tetap bisa bermain pada hari terakhir di kelompok consolation.

Project Officer Medco-Pondok Indah Amateur Golf Championship 2023 Djonnie Rahmat kembali mengundang masyarakat untuk menyaksikan langsung final turnamen yang diikuti oleh para pegolf dari sepuluh negara ini.

“Saya sangat gembira melihat kemajuan para atlet Indonesia, khususnya Hansel. Skornya luar biasa. Semoga para pemain Indonesia bisa menjadi juara. Oleh karena itu saya berharap semakin banyak masyarakat yang hadir untuk memberikan dukungan langsung kepada para pegolf kita agar lebih semangat lagi,” kata Djonnie.

Baca juga: Pegolf Indonesia usung target tinggi di Amateur Golf Championship 2023

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023