Tantangan ke depan tidak hanya cukup dengan menghasilkan SDM yang kompeten saja, namun SDM yang sudah tidak gagap dengan transformasi teknologi 4.0
Jakarta (ANTARA) -
Pusat Industri Digital 4.0 (PIDI 4.0), lembaga yang dibangun Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk membantu industri bertransformasi menuju industri 4.0, kini dapat dikunjungi dan terbuka untuk berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, pelaku industri, aparatur sipil negara (ASN), hingga masyarakat umum.

Dibukanya PIDI 4.0 untuk masyarakat bertujuan agar masyarakat bisa mengenal teknologi industri 4.0, sehingga bisa lebih siap dalam menghadapi era 4.0.
 
"Tantangan ke depan tidak hanya cukup dengan menghasilkan SDM yang kompeten saja, namun SDM yang sudah tidak gagap dengan transformasi teknologi 4.0. PIDI 4.0 dapat menjadi jembatan untuk mengakselerasi transformasi tersebut," kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Masrokhan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

PIDI 4.0 merupakan bagian dari salah satu program prioritas nasional, yakni Making Indonesia 4.0 yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 2018.
 
Melalui Making Indonesia 4.0, Indonesia berpotensi masuk menjadi negara 10 ekonomi teratas dunia pada 2030. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, maka PIDI 4.0 dibangun dengan visi menjadi solusi satu atap dalam pengadopsian industri 4.0 di Indonesia dan menjadi jendela Indonesia 4.0 untuk dunia.
 
Gedung PIDI 4.0 yang berlokasi di Jl. Raya Kebayoran Lama No.41, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, tersebut dibuka pada hari kerja (Senin-Jumat) pukul 09.00-16.00 WIB.

Sebelum melakukan kunjungan, calon pengunjung diharapkan untuk menghubungi kanal resmi PIDI 4.0, baik melalui telepon maupun e-mail.
 
PIDI 4.0 memiliki showcase center yang menunjukkan miniatur penerapan teknologi 4.0 pada industri.
 
Selain mengunjungi showcase center yang berlokasi di lantai dasar PIDI 4.0, pengunjung juga bisa melihat command center & control room di lantai 2, industry 4.0 laboratorium di lantai 3, test bed facilities di lantai 4, coworking space di lantai 8, dan fasilitas lainnya yang tersedia.
 
PIDI 4.0 telah bekerja sama dengan Toyota Indonesia dalam menyediakan showcase miniatur pabrik otomotif, dari order customization, desain, produksi, hingga monitoring.
 
PIDI 4.0 juga bekerja sama dengan Indolakto dalam purwarupa UHT dan mesin es krim. Proses pembuatan susu UHT dan es krim memanfaatkan teknologi industri 4.0 sehingga lebih efektif dan efisien.

Baca juga: Kemenperin gaet 8 kampus tingkatkan kompetensi pengajar SDM industri
Baca juga: PIDI 4.0 gandeng agensi Korsel perkuat SDM industri 4.0
Baca juga: Kemenperin evaluasi PIDI 4.0 untuk perkuat ekosistem industri 4.0

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023