Apa yang diperjuangkan melalui kehadiran organisasi Perempuan ICMI, sejatinya memiliki rujukan nilai kesejarahan yang telah diwariskan oleh R.A. Kartini
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan bahwa dorongan partai politik (parpol) diperlukan untuk turut mengoptimalkan partisipasi kaum perempuan dalam dunia politik.

"Melalui proses rekrutmen politik yang akomodatif bagi kaum perempuan untuk menjaring sebanyak-banyaknya perempuan yang memiliki potensi dan kompetensi," kata Bamsoet, sapaan karibnya, di Gedung Nusantara IV MPR RI, Jakarta, Kamis.

Hal itu disampaikannya dalam kegiatan sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersamaan dengan Pelantikan Pengurus DPP Perempuan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) periode 2023-2028.

Partai politik, kata dia, juga diharapkan mampu membangun komitmen dan kesadaran mengenai pentingnya partisipasi perempuan dalam kehidupan politik.

"Dalam kerangka menjalankan kewajiban dan fungsinya untuk menyelenggarakan pendidikan politik bagi rakyat," ujarnya.

Selain partai politik, lanjut dia, diperlukan pula dorongan dari berbagai organisasi dan lembaga yang berkomitmen untuk turut membangun literasi politik rakyat, tak terkecuali DPP Perempuan ICMI yang meluncurkan Sekolah Politik Perempuan ICMI.

"Apa yang diperjuangkan melalui kehadiran organisasi Perempuan ICMI, sejatinya memiliki rujukan nilai kesejarahan yang telah diwariskan oleh R.A. Kartini, lebih dari se-abad yang lalu. Tentang emansipasi, tentang kesetaraan dan keadilan gender, tentang pentingnya pendidikan bagi kaum hawa," tutur dia.

Bamsoet pun berharap DPP Perempuan ICMI senantiasa menjadi bagian dari implementasi nilai-nilai kebangsaan di tengah-tengah masyarakat.

"DPP Perempuan ICMI yang membawa visi untuk mewujudkan intelektual perempuan yang berakhlak, mandiri, dan cendikia, sangat selaras dengan visi MPR RI untuk membangun wawasan kebangsaan melalui pembangunan karakter bangsa," kata Bamsoet.

Baca juga: Bamsoet minta pemerintah evaluasi rasio jumlah nakes untuk ibadah haji
Baca juga: Ketua MPR minta kepolisian dalami penyebab karhutla di Kota Banjarbaru
Baca juga: Bamsoet minta pemerintah seriusi Bawaslu soal pemilih tanpa KTP-e

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023