Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk selalu berkontribusi melestarikan lingkungan serta mendorong kemandirian ekonomi masyarakat di sekitar wilayah operasi
Jakarta (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga meraih empat penghargaan Padmamitra 2022 melalui program pemberdayaan masyarakat sekitar wilayah operasi perusahaan.

Adapun empat unit operasi Pertamina Patra Niaga yang meraih penghargaan Padmamitra 2022 adalah Integrated Terminal Jakarta, Integrated Terminal Cilacap, Fuel Terminal Boyolali, dan Fuel Terminal Parepare.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting di Jakarta, Kamis, mengatakan penghargaan yang diperoleh merupakan wujud dari peran perusahaan dalam berkontribusi untuk mendorong kesejahteraan sosial.

“Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk selalu berkontribusi melestarikan lingkungan serta mendorong kemandirian ekonomi masyarakat di sekitar wilayah operasi melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang berkelanjutan,” jelas Irto.

Padmamitra Award 2022 merupakan anugerah penghargaan yang diadakan oleh Kementerian Sosial RI bekerja sama dengan Forum CSR Indonesia untuk mengapresiasi para pelaku usaha yang aktif menjalankan tanggung jawab sosialnya di berbagai sektor, mulai dari pendidikan, kesehatan, pengentasan kemiskinan hingga pemberdayaan masyarakat.

Program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Patra Niaga yang meraih penghargaan antara lain program Bunda Koja dari Integrated Terminal Jakarta, yang menerima penghargaan untuk kategori kesehatan. Bunda Koja menjadi upaya Pertamina untuk mendukung pemerintah dalam mengatasi stunting. Program tersebut memberikan pembekalan cara memasak menu murah namun bergizi seimbang, serta memberdayakan masyarakat khususnya para ibu rumah tangga melalui pengolahan pangan ikan lele yang ditambahkan daun kelor.

Peraih penghargaan kategori pengentasan kemiskinan adalah program Ekowisata Simanja (Konservasi Mangrove Jagapati) di unit lokasi Integrated Terminal Cilacap. Program ini fokus pada penanaman, budi daya, pengelolaan dan pendataan mangrove. Selain itu, terdapat tempat wisata yang ramah anak, wisata susur sungai, dan budidaya kepiting payau. Tahun ini, Ekowisata Simanja akan meluncurkan web 360 dan menjadi museum digital mangrove pertama di Indonesia.

Kemudian peraih penghargaan kategori pemberdayaan dan pengentasan disabilitas adalah program CSR Kresna Patra dari Fuel Terminal Boyolali. Kresna Patra bertujuan mendorong kemandirian penyandang disabilitas melalui pelatihan menjahit. Penyandang disabilitas diberikan pelatihan menjahit, sehingga dapat menjadi seorang wirausaha dan mini konveksi jahit, maupun disalurkan untuk bekerja di pabrik yang bergerak di bidang industri tekstil.

Terakhir, program CSR Pertamina Sehati Flamboyan dari Fuel Terminal Parepare, Sulawesi, untuk kategori Ketunaan Sosial dan Penyimpangan Perilaku. Pertamina Sehati Flamboyan fokus dalam pendampingan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ), pemberian makanan tambahan untuk balita, dan menggerakkan kelompok ibu-ibu untuk membuat pilus ikan tuna yang 20 persen hasil keuntungannya disisihkan untuk makanan gratis bagi masyarakat.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin di Jakarta pada Rabu (5/7/2023).

Baca juga: Pertamina Patra Niaga salurkan lebih 1.000 hewan kurban
Baca juga: Pertamina Patra Niaga amankan kebutuhan energi selama libur Idul Adha

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023