Tanjung (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan penghargaan Padmamitra 2022 kepada PT Adaro Energy Indonesia untuk kategori pelestarian lingkungan dan biodiversity, termasuk menjaga populasi hewan terancam punah Bekantan.

Ketua Umum Yayasan Adaro Bangun Negeri Adjie Sapta di Tabalong, Senin, menuturkan pihaknya menjalankan program Adaro Bekantan Lestari yang menjadi salah satu program unggulan serta komitmen perusahaan untuk menyelamatkan lingkungan dan biodiversity di Taman Wisata Alam (TWA) Pulau Bakut Provinsi Kalsel.

“Program ini salah satu komitmen Adaro dalam menjalankan visi menjadi perusahaan yang lebih hijau melalui pilar CSR Adaro Nyalakan Lestari" ungkap Adjie.

Adjie menuturkan Adaro terpilih menjadi salah satu pemenang dari 20 perusahaan yang lulus seleksi wawancara oleh tim juri dengan jumlah perusahaan yang mendaftar sebanyak 155 perusahaan.

Adjie menjelaskan Adaro bekerja sama dengan pemerintah, lembaga penelitian, dan organisasi lingkungan guna memulihkan hutan mangrove, menjaga ekosistem laut, serta melindungi Bekantan yang merupakan spesies langka Pulau Kalimantan.

Ia mengatakan Adaro Group berkomitmen melaksanakan program penyelamatan lingkungan dan biodiversity di Taman Wisata Alam Pulau Bakut termasuk di dalamnya terdapat 122 ekor Bekantan dan puluhan jenis spesies burung.

"Adaro juga melakukan penanaman bambu di pinggir sungai, pembuatan sekolah alam, mendukung sekolah adiwiyata, program 3R (reduce, reuse, recycle) termasuk pemilahan dan pengolahan sampah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat,” tutur Adjie.

Adjie berharap TWA Pulau Bakut dapat menjadi contoh bagi pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan di Indonesia.

Program ini memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat lokal dan berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan di wilayah sekitarnya.

Sebelumnya, acara penganugerahan Padmamitra Award 2022 dilaksanakan di Energy Building Jakarta Selatan pada Rabu (5/7).

Presiden Direktur PT Adaro Indonesia Priyadi mewakili Adaro menerima penghargaan yang diberikan langsung Wakil Presiden Indonesia KH Ma’ruf Amin.

Priyadi mengungkapkan penghargaan ini menjadi pengakuan atas prestasi yang luar biasa dan kontribusi Adaro untuk melaksanakan tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) di Indonesia.

Sebagai perusahaan yang memperlakukan TJSL sebagai strategi dalam bisnis, Adaro terus berupaya mengembangkan kegiatan dan program sosial lingkungan agar dapat terus bermanfaat untuk masyarakat.

Pewarta: Gunawan Wibisono/Herlina Lasmianti
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023