Tabalong, Kalimantan Selatan (ANTARA) - Perusahaan tambang batu bara PT Adaro Indonesia yang beroperasi di Kalimantan Selatan, mendulang tiga penghargaan terdiri dari dua “Gold” dan satu “Platinum” pada ajang Global CSR Awards (GCA) 2023.

Perwakilan CSR PT Adaro Indonesia Heryanto Andilolo di Tabalong, Kalimantan Selatan, Kamis, mengatakan, penghargaan dua Gold, yakni kategori “Best Environmental Excellence Award” untuk program Kampung Asri dan “Best Community Programme Award” untuk program Desa Mamanda (Masyarakat Maju dan Berdaya).

Baca juga: Program Beasiswa Adaro raih penghargaan Internasional

Untuk penghargaan platinum award, yakni kategori “Excellence In Provision Of Literacy & Education Award” untuk program Adaro Santri Sejahtera (PASS).

“Penghargaan ini sebagai wujud komitmen perusahaan dan kerja tim dalam mewujudkan masyarakat menuju kemandirian dalam lingkungan yang lestari melalui program CSR," kata Heryanto.

Baca juga: Adaro raih penghargaan Platinum di Bisnis Indonesia CSR Awards 2022

Tim CSR Adaro terdiri dari Heriyanto Andilolo, Aan Nurhadi, serta Citra Hapsari dari Yayasan Adaro Bangun Negeri menerima penghargaan tersebut pada acara The 15th Global CSR & ESG Summit & Awards™ 2023 di Novotel Danang Premier Han River Vietnam pada Selasa (30/8).

Sementara itu, perwakilan Yayasan Adaro Bangun Negeri Citra Hapsari menyebutkan, penghargaan ini merupakan wujud komitmen Adaro untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui vokasi.

“Penghargaan Platinum untuk Program PASS adalah bukti dari kerja keras tim CSR, khususnya YABN dalam mewujudkan komitmen Adaro untuk meningkatkan kualitas pendidikan di masyarakat melalui vokasi santri di pondok pesantren," ungkap Citra.

Baca juga: Adaro raih dua penghargaan pada TOP CSR Award 2022

Global CSR & ESG Summit and Awards 2023™ merupakan program penghargaan paling bergengsi di Asia untuk tanggung jawab sosial perusahaan dan ESG.

Program ini mengakui dan menghormati perusahaan atas produk, layanan, proyek, dan program kelas dunia yang luar biasa, inovatif, dan dilaksanakan secara terus menerus.

Global CSR & ESG Summit and Award 2023 dihadiri narasumber dan peserta yang merupakan eksekutif senior serta profesional CSR & ESG dari berbagai negara seperti Australia, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, India dan Srilanka.

Baca juga: Adaro raih Gold Award dari Global CSR Awards di Hanoi Vietnam

Para peserta berdiskusi untuk menemukan strategi transformasional ESG & CSR bertemakan “Driving Transformation Change Beyond Greenwashing”. Para juri ajang award tersebut merupakan pakar CSR dan ESG internasional.

Diketahui, CSR Adaro telah berpartisipasi sejak 2013 pada ajang GCA dan hingga 2022 telah memenangkan 19 penghargaan dan tahun ini Adaro kembali mendulang tiga penghargaan.

Baca juga: Program Kampung Hijau Energi Kalla raih penghargaan NCSR Award 2023

"Alhamdulillah, sangat bersyukur dan bangga bisa meraih satu Platinum dan dua Gold," ucap perwakilan CSR PT Adaro Indonesia yang menerima penghargaan itu, Aan Nurhadi.

Hal ini membuktikan implementasi program CSR Adaro berdampak positif pada aspek sosial, ekonomi dan lingkungan.

“Semoga ke depan semakin banyak membawa manfaat dan bertambah berkah” tutur Aan.

Baca juga: Program unggulan PT Maruwai Coal raih penghargaan CSR Awards 2023
Baca juga: Askrindo borong enam penghargaan Nusantara CSR Awards 2023


Pewarta: Taufik Ridwan dan Herlina Lasmianti
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023