Program Kampung Hijau Energi yang memberdayakan energi ramah lingkungan di desa
Makassar (ANTARA) - KALLA kembali meraih penghargaan melalui Program “Kampung Hijau Energi: Berdayakan Komunitas Desa Hasilkan Energi Bersih dan Terjangkau yang terintegrasi dengan pertanian ramah lingkungan” di Nusantara Nasional Corporate Social Resposibility (NCSR) Award 2023.

KALLA meraih predikat "Sangat Baik" pada program CSR kategori Energi Bersih dan Terjangkau pada penghargaan CSR nasional tahunan tersebut, yang digelar oleh La Tofi School of Social Responsibility di Jakarta.

Chief Corporate Secretary, Legal dan Marketing Officer KALLA Subhan Djaya Mappaturung di Makassar, Senin mengemukakan penghargaan ini merupakan hasil kepedulian pihak Kalla, utamanya isu energi bersih dan terjangkau yang menjadi concern utama perusahaan.

“Alhamdulillah, KALLA berhasil mendapatkan apresiasi nasional di bidang CSR. Giat kami ini juga diikuti dengan berbagai aksi korporasi salah satunya Program Kampung Hijau Energi yang memberdayakan energi ramah lingkungan di desa," kata dia.

Nusantara CSR Awards edisi 2023 menjadikan Sustainable Development Goals sebagai pijakan untuk menilai dan menghargai berbagai inisiatif tanggung jawab sosial yang dilaksanakan perusahaan.

Baca juga: KALLA raih penghargaan Best Companies To Work For In Asia 2023
Baca juga: Kalla Group raih penghargaan di IBF Awarding 2022


Program Kampung Hijau Energi berangkat dari masalah tingginya tingkat ketergantungan warga desa untuk menggunakan gas komersil seperti LPG serta kurangnya pengetahuan warga desa mengenai energi bersih yang sangat melimpah di perdesaan mereka.

Maka, Yayasan Hadji Kalla melakukan riset mendalam dan menemukan bahwa potensi energi hijau khususnya bioenergy-Biogas dan biofertilizer-Bio-slurry sangat besar khususnya di Wilayah Sulawesi Selatan yang di dominasi oleh sektor pertanian dan peternakan.

Selama 2022, Program Kampung Hijau Energi berhasil membangun 4 sarana digister biogas. Sarana intalasi biodigister ini juga telah menjadi sentra edukasi para warga desa dalam meningkatkan informasi dan pengetahuan seputar biogas dan alternatif pengolahan lainnya dari kotoran hewan ternak.

Tidak hanya membangun sarana, program ini berhasil melatih 40 orang kader komunitas di empat desa. Sekitar 200 orang warga dari empat desa secara bersamaan telah mendapatkan pengetahuan dalam pengembangan desa berbasis energi baru terbarukan, melalui kehadiran kebun contoh untuk aplikasi pupuk hasil produksi.

Baca juga: Kalla Group raih penghargaan Tax Award 2021 Kota Makassar
Baca juga: Ini jurus Kalla Group dukung pengembangan EBT


Program ini juga berhasil membaca potensi 10 Ha kebun dengan budi daya ramah lingkungan dan potensi produksi POC (Pupuk Organik Cair) 3 ton per bulan dengan tambahan pendapatan bagi petani hingga Rp16 juta per bulan.

Tidak hanya CSR, Subhan menyebut bahwa pihaknya sangat peduli terhadap Energi Hijau (Green Energy) seperti pembangunan PLTA di berbagai titik di Indonesia yang ramah lingkungan dan bebas emisi.

"Penghargaan ini tentu menjadi motivasi tambahan kami untuk terus berkarya dalam mendukung keberlangsungan hidup masyarakat,” lanjut Subhan.

Nusantara CSR Awards berhasil memperoleh sambutan luas di kalangan dunia usaha, baik swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Nusantara Award 2023 berhasil diikuti oleh 78 perusahaan dengan total 151 program CSR yang didaftarkan.

Baca juga: Kalla Group ramaikan roadshow HUB.ID
Baca juga: Penjualan Kalla Beton menembus Rp45 miliar di kuartal pertama 2023

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023