London, (ANTARA/PRNewswire)- Perkiraan sebelumnya bahwa pengiriman LCD area besar akan meningkat sebesar 0,6% YoY pada tahun 2023 kini tercatat sebagai pertumbuhan negatif dengan persentase sebesar -3,2% YoY dalam perkiraan terbaru karena permintaan yang lebih lambat dan manajemen pemanfaatan produsen panel, menurut Large Area Display Market Tracker 1Q23 Omdia terbaru.
Sejumlah produsen panel berencana untuk menarik bisnisnya, sementara yang lain berencana untuk menutup pabrik lama. Seiring dengan penurunan pengiriman unit, wilayah pengiriman area besar diperkirakan akan meningkat sebesar 1,7% YoY pada tahun 2023 dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya, yaitu sebesar 3% YoY. Produsen panel berharap migrasi ukuran untuk display TV dan monitor akan membantu memperluas wilayah pengiriman pada tahun 2023.

"Dalam perkiraan sebelumnya, produsen display bertujuan ingin meningkatkan pengiriman display IT dengan menurunkan TV LCD pada tahun 2023. Masih ada ketidakpastian seputar pemulihan permintaan LCD IT karena produsen display mengalami defisit besar untuk bisnis LCD IT. Produsen display mengharapkan permintaan LCD akan pulih setelah masalah inventaris diselesaikan, tetapi untuk beberapa merek papan atas, situasi ini belum sepenuhnya teratasi. Meskipun inventaris kembali ke jalurnya, merek PC/OEM mengelola level inventaris yang lebih rendah dari sebelumnya," kata Peter Su, Analis Utama Omdia.

Produsen panel menetapkan target agresif untuk pengiriman LCD PC notebook dalam perkiraan sebelumnya, dengan pertumbuhan positif sebesar 1,9% YoY pada tahun 2023. Namun, perkiraan terbaru menunjukkan hasil negatif -8.1% YoY. Faktanya, permintaan display PC notebook lebih lambat daripada aplikasi display area besar lain.

Tidak seperti notebook PC dan monitor LCD, penurunan pengiriman tablet PC LCD telah dikurangi menjadi prakiraan terbaru dari -2,7% YoY menjadi -1,4% YoY. Karena resesi global, PC tablet yang lebih murah mungkin mengambil sebagian pangsa pasarnya dari PC notebook.

Pendapatan TFT LCD area besar diperkirakan mencapai US$ 65,2 miliar pada 2023, turun 0,9% YoY karena permintaan yang lebih lambat dan pemulihan harga IT LCD. Hanya TV LCD yang diharapkan meningkat sebesar 13,6% YoY seiring dengan kenaikan harganya dari pertengahan 1Q23.

Diperkirakan BOE akan memiliki pangsa pengiriman unit TFT LCD area besar terbesar di 33,5% pada 2023, diikuti oleh Innolux di 13,5% dan China Star di 11,5%.

TENTANG OMDIA 

Omdia, bagian dari Informa Tech, adalah grup penelitian dan penasihat teknologi. Pengetahuan kami yang mendalam tentang pasar teknologi dikombinasikan dengan wawasan kami yang dapat ditindaklanjuti, memberdayakan organisasi untuk membuat keputusan pertumbuhan yang cerdas.  Fasiha Khan Fasiha.khan@informa.com


Prakiraan pengiriman unit LCD TFT area luas (jutaan meter persegi)

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023