Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama MGPA Priandhi Satria menilai adanya kejuaraan nasional (kejurnas) balap untuk berbagai kelas secara rutin diharapkan mampu menjadi wadah pembinaan pebalap nasional serta menarik minat masyarakat akan sportainment.

“Inginnya melalui kejurnas seperti Mandalika Racing Series ini bisa menjadi awal mula ajang pembibitan, lalu ada mimpi juga kalau (kejurnas) bukan hanya (menyuguhkan) pebalap yang naik di atas motor tapi juga ada akademi untuk kepribadiannya,” kata Priandhi saat ditemui di Jakarta, Kamis.

“Di dalamnya ada coaching tentang bagaimana bersikap, cara bicara, menjadi pebalap yang tidak hanya juara, tapi juga mampu merepresentasikan sponsor, bersikap (di hadapan media), dan lainnya,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Priandhi mengatakan adanya kejurnas balap rutin seperti Mandalika Racing Series juga diharapkan akan menjadi ajang pengembangan produk serta promosi semua pihak yang memiliki keterkaitan dengan industri sepeda motor di Indonesia.

“Semoga dengan adanya kejuaraan ini bisa melahirkan pebalap-pebalap Indonesia yang berprestasi dan siap menghadapi balapan level dunia,” kata dia.

Sependapat, Koordinator International Sports Event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI Kiagoos Irvan Faisal mengatakan, kemampuan Indonesia untuk menjadi tuan rumah bagi kejuaraan kandang hingga internasional diharapkan semakin menumbuhkan kepercayaan banyak pihak terkait untuk mengadakan berbagai kompetisi bergengsi di Tanah Air, meskipun sejumlah ajang olahraga internasional seperti Piala Dunia U-20 dan ANOC World Beach Games (AWBG) Bali yang baru-baru ini terpaksa dibatalkan.

“Kalau untuk menumbuhkan lagi kepercayaan tentu bisa dimulai dari event-event seperti ini (berskala nasional). Dan perlu diingat juga kita menjadi tuan rumah untuk banyak event lainnya seperti FIBA World Cup, MotoGP, dan lainnya. Masih banyak event internasional yang on track,” kata Irvan.

Sementara itu, Mandalika Racing Series putaran kedua siap bergulir di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat, pada 15-16 Juli.

Baca juga: Mandalika Racing Series 2023 putaran kedua siap bergulir 15-16 Juli
Baca juga: Kejurnas Sport Mandalika Racing Series bergulir tiga seri di 2023
Baca juga: Kompetisi balap nasional penting untuk peningkatan talenta muda


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023