Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mendukung program pembinaan pembalap muda, seperti yang disampaikan saat menerima audiensi PT Mandalika Grand Prix Asociation (MGPA) Nusantara Jaya.

Dikutip dari keterangan resmi Kemenpora, Selasa, Menpora Dito menyambut baik rencana MGPA Nusantara Jaya untuk penyelenggaraan kejuaraan di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, khususnya terkait program pembinaan pembalap nasional yang sedang dikembangkan.

Dalam pertemuan itu rombongan PT MGPA Nusantara Jaya yang datang bersama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) memaparkan rencana kejuaraan yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selain rangkaian kejuaraan nasional dan dunia, disampaikan juga program pembinaan, pembibitan pembalap-pembalap nasional untuk bisa berprestasi di kancah internasional.

“Kami di awal 2023 berkeinginan menciptakan bibit-bibit pembalap nasional. Kemudian bekerja sama dengan IMI (Ikatan Motor Indonesia, Red) menggelar Mandalika Racing Series yang sudah berjalan tiga putaran di 2023,” kata Direktur Utama MGPA Nusantara Jaya, Priandhi Satria.

Program ini, sambung Priandhi, akan dilanjutkan pada 2024 dengan rencana lima kali seri. Dalam pelaksanaannya nanti direncanakan bekerja sama dengan VR46 Racing Team besutan legenda Moto GP Valentino Rossi.

“Kami berkeinginan melanjutkan Mandalika Racing Series untuk mencari bibit-bibit pembalap untuk ikut serta dalam kejuaraan Asia maupun dunia,” kata Priandhi Satria.

Melalui kejuaraan ini diharapkan potensi pembalap Indonesia bermunculan dan dapat ikut serta dalam kompetisi kasta tertinggi MotoGP.

Baca juga: Sirkuit Mandalika jadi tuan rumah Porsche Sprint Challenge Indonesia

Sementara itu Dirut ITDC Ari Respati mengharapkan dukungan dari Kemenpora dalam mendorong lahirnya local hero pembalap nasional. Salah satunya melakukan ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) yang akan kembali digelar di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika.

“ARRC ini memang menjadi salah satu fokus kami. Banyak pembalap kita yang sudah berprestasi naik podium dalam seri-serinya,” kata Ari.

Dalam hal ini Menpora menyebut Kemenpora siap berkolaborasi, dengan kerja samanya bisa melalui Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK).

“Boleh saja kalau nanti menggelar Menpora Cup di sana,” tutur Menpora Dito saat ditanya kesediaan namanya digunakan untuk Mandalika Racing Series.

Baca juga: Sirkuit Mandalika tidak masuk kalender World Superbike musim depan
Baca juga: Menpora yakin kontingen Indonesia ukir sejarah di Olimpiade Paris

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024