Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan Nasional Balap Motor Mandalika Racing Series putaran kedua siap bergulir di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat, pada 15-16 Juli.

Ronde kedua ini merupakan kelanjutan dari kejurnas tersebut yang memulai debutnya sebagai balapan pendukung (supporting race) di ajang World Superbike (WSBK) pada 3-5 Maret lalu.

“Pada putaran sebelumnya, sebanyak 18 pebalap di kelas Sport 250 telah membuktikan performanya tampil di hadapan ribuan penonton WSBK Mandalika,” kata perwakilan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Eddy Saputra dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Eddy melanjutkan, kejurnas ini diharapkan pula dapat menjadi wadah pembinaan bagi pebalap Indonesia, serta tolok ukur kesiapan mereka menghadapi ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) putaran keempat pada Agustus.

“Kami banyak mendapatkan respons positif dari semua pihak terkait dengan adanya kejuaraan ini sebagai bagian dari penjenjangan karier pebalap. Kami mengharapkan dukungan dari semua pihak agar event ini tetap berkesinambungan menjadi ajang pembinaan dan prestasi,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Kejurnas Sport Mandalika Racing Series bergulir tiga seri di 2023
Baca juga: Sirkuit Mandalika siap jadi tuan rumah WSBK hingga MotoGP 2023


Mandalika Racing Series ronde kedua ini akan mempertandingkan sejumlah kelas balap yakni Sport 250, Sport 150, dan Supersport 600. Ada pula kelas Underbone 150 dan Supersport/Superbike Community sebagai supporting race.

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria menambahkan, digelarnya tiga kelas kejurnas dan dua supporting race ini diharapkan bisa menambah sensasi baru untuk para pebalap nasional dalam menaklukkan tantangan di sirkuit sepanjang 4,3 km tersebut.

“Kami di MGPA menyambut baik adanya Mandalika Racing Series ini karena telah terbukti di putaran pertama mampu mengundang pebalap papan atas nasional untuk berkompetisi didukung para pabrikan. Tentu di ronde kedua diharapkan akan lebih banyak pebalap lain yang turun karena lengkap dari kelas Kejurnas dan juga supporting race,” kata Priandhi.

“Tidak itu saja, MRS juga diharapkan akan menjadi ajang pengembangan produk serta promosi semua pihak yang memiliki keterkaitan dengan industri sepeda motor di Indonesia. Semoga dengan adanya kejuaraan ini bisa melahirkan pebalap-pebalap Indonesia yang berprestasi dan siap menghadapi balapan level dunia," imbuhnya.

Sementara itu, bagi masyarakat dan penggemar yang akan menyaksikan kejurnas putaran kedua ini dapat mendapatkan tiket melalui laman resmi Mandalika Racing Series dan tersedia juga di loket tiket yang terletak di pintu masuk Sirkuit Mandalika. Harga tiket dibanderol mulai dari Rp50 ribu hingga Rp250 ribu.

Baca juga: Kompetisi balap nasional penting untuk peningkatan talenta muda

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023