Calon emiten itu sudah bertemu dengan kami
Jakarta (ANTARA News) - Bursa Efek Indonesia (BEI) mengatakan sebanyak tiga perusahaan akan melakukan penawaran umum saham perdana (IPO) pada semester I tahun ini.

"Calon emiten itu sudah bertemu dengan kami. Mereka rencananya pakai buku laporan keuangan Desember 2012 sebagai salah satu syarat pengajuan IPO, paling cepat listing (pencatatan saham) semester I ini," ujar Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Hoesen di Jakarta, Jumat.

Ia mengemukakan calon emiten itu, PT Mitra Pinasthika Mustika (MPM), PT Austindo Nusantara Jaya (ANJ), dan PT Dharma Satya Nusantara (DSN).

Ia mengatakan otoritas pasar modal Indonesia mengharapkan calon perusahaan yang akan IPO dapat melepas saham ke publik minimal 20 persen dari total saham yang disetor.

Hoesen juga mengatakan, pihaknya menyambut baik rencana PT Apexindo Pratama Duta untuk mencatatkan kembali sahamnya (relisting) di BEI.

"Mereka (Apexindo) sudah menyampaikan niatnya untuk relisting. Kami terima secara terbuka," kata dia.

Namun, Hoesen belum dapat memaparkan skema apa yang akan dilakukan Apexindo dalam relisting nanti. Ada dua skema dalam relisting, yakni pertama, Apexindo langsung mencatatkan kembali sahamnya. Dan kedua, Apexindo menambah jumlah saham ke publik.

"Jadi, sejauh ini, relisting Apexindo tidak ada masalah. Tinggal lihat lagi dokumennya nanti," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Direktur Utama Apexindo, Zainal Abidinsyah Siregar mengatakan pihaknya akan membahas aksi korporasi itu melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 18 Maret 2013.

Selain itu, ia menambahkan, Apexindo juga akan melakukan persetujuan perpanjangan investasi pada pihak terafiliasi, dan membahas perubahan susunan pengurus perseroan.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013