Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengatakan masih belum ada keputusan apakah Mandalika akan dicoret dari kalender World Superbike (WSBK) musim mendatang.

Priandhi, saat ditemui di Jakarta, Kamis, mengungkapkan pihak-pihak yang bernegosiasi terkait keputusan dan kontrak itu adalah Dorna dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

“Ini kembali lagi soal hitung-hitungan bisnis dan sedang dipertimbangkan oleh berbagai pihak, apakah dari segi jumlah penontonnya — apakah masyarakat Indonesia ingin nonton, apakah peminatnya ada dan mau datang dan bersedia membayar untuk sejumlah itu, hitung-hitungan di ujungnya nutup, enggak, untuk sebuah event. Itu masih dipertimbangkan dan belum ada korespondensi dengan Dorna,” jelas Priandhi.

Rumor mengenai penghapusan Mandalika dari kalender WSBK mencuat usai Holding BUMN Aviasi dan Pariwisata InJourney mengatakan penyelenggaraan tersebut menyebabkan kerugian hingga Rp100 miliar.

Direktur Utama InJourney Dony Oskaria pada Rabu (14/6) mengatakan kerugian terbesar Sirkuit Mandalika berasal dari penyelenggaraan WSBK. Ajang ini tidak menarik bagi investor untuk masuk menjadi sponsor.

"Masih dipertimbangkan, kami belum ada korespondensi dengan pihak Dorna," kata Dony.

Baca juga: Kementerian BUMN jelaskan soal ajang WSBK Mandalika disebut merugi
Baca juga: DPR RI memperjuangkan ajang WSBK Mandalika tetap digelar


Adapun WSBK sudah tiga kali digelar di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat, yakni mulai tahun 2021. Mandalika menjadi tuan rumah dari putaran kedua WSBK musim ini pada bulan Maret.

Sementara itu, sirkuit sepanjang 4,3 km tersebut masih akan menjadi tuan rumah dari kejuaraan balap motor internasional lainnya, MotoGP, pada 13 hingga 15 Oktober 2023.

Pada 15 dan 16 Juli tahun ini, akan ada pula Kejuaraan Nasional Balap Motor Mandalika Racing Series putaran kedua di sirkuit yang terletak di Lombok Tengah itu. Ronde kedua ini merupakan kelanjutan dari kejurnas yang memulai debutnya sebagai balapan pendukung (supporting race) di WSBK 2023.

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023