Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengatakan persiapan jelang MotoGP Mandalika yang akan digelar 13-15 Oktober, telah mendekati 100 persen.

“Boleh dibilang begitu (persiapan mendekati 100 persen) karena MotoGP tahun lalu sampai ini, kita operasional 10 bulan karena ditutup untuk hujan, bulan puasa, dan lebaran. Jadi efektifnya 10 bulan, MGPA selama 10 bulan telah menjalankan 45 kegiatan baik roda dua, roda empat, drifting, dan Mandalika Racing Series. Event-event itu adalah adalah pemeriksaan alat-alat. Kalau untuk (kegiatan) balap, sebenarnya Sirkuit Mandalika selalu siap untuk menggelar balapan,” kata Priandhi saat ditemui di Jakarta, Selasa.

Lebih lanjut, persiapan jelang MotoGP Mandalika 2023 mencakup persiapan race dan persiapan non-race. Persiapan race meliputi permukaan lintasan, paddock garage, hingga pit lane. Sementara untuk non-race adalah yang di luar sirkuit yang menjadi penunjang atau acara sempalan (side event).

Persiapan lainnya juga meliputi tenaga kerja di lapangan, termasuk marshall yang kini didominasi oleh marshall Indonesia dan lokal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: Wamen BUMN: Mandalika sebagai destinasi "sport tourism" kelas dunia 

“Kalau dibilang 100 persen Indonesia, sebenernya enggak juga. Kita mau kasih marshall luar negeri karena skill-nya, entah timing system, hitung-hitungan, dan lainnya itu yang belum terbiasa. Jadi untuk lainnya itu baru 100 persen itu Indonesia,” jelas Priandhi.

“Jadi itu kebanggaan buat kami bahwa marshall lokal bisa memberikan kontribusi, itu adalah kebanggaan,” ujarnya menambahkan.

Selain itu, Priandhi juga mengatakan antusiasme masyarakat dan penggemar MotoGP pada putaran ke-15 mendatang. Ia menyebutkan sebanyak 60 persen tiket sudah terjual.

“Untuk yang hari ini belum (ada informasi terbaru), ya. Cuma kemarin (kami lihat), sudah di atas 60 persen. Detailnya nanti akan dibagikan. Yang kategori Royal sudah penuh, dan kategori Deluxe sudah hampir 75 persen,” kata Priandhi.

Baca juga: Pelabuhan Lembar tingkatkan fasilitas dan infrastruktur dukung MotoGP

Ia melanjutkan, para penggemar memiliki kecenderungan untuk membeli tiket di menit-menit akhir jelang grand prix dimulai.

“Seperti biasa, kan orang banyaknya beli last minute ya untuk grandstand, festival. Kita berharap dalam waktu seminggu ini tercapai kuota yang diinginkan,” kata Priandhi.

Kategori tiket nonton MotoGP Mandalika 2023 yang dijual di antaranya: VIP Suites, Premium Grandstand (Zona A, B, K), Regular Grandstand (Zona C, D, E, F, G, H I), Festival - GA, dan Grandstand J (Marc Marquez #WEARE93).

Tiket MotoGP Mandalika 2023 juga bisa dibeli melalui platform online https://race.themandalikagp.com/ bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Baca juga: Mario Aji persiapkan diri dengan matang jelang Moto3 Mandalika

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023