Pasuruan (ANTARA) -
Selama masa liburan sekolah, jumlah wisatawan yang berekreasi ke Taman Safari II Jatim di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur mengalami lonjakan hingga menembus angka 100 persen.

"Periode liburan sekolah saat ini, hari weekday bisa seperti weekend jadi kenaikannya bisa sampai 100 persen," kata Director Sales and Marketing Taman Safari II Jatim, Astrid Wenas saat ditemui wartawan pada Kamis (6/7).

Astrid menambahkan mayoritas pengunjung Taman Safari II Jatim berasal dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dalam sehari, taman safari yang terletak di kaki Gunung Arjuno itu dapat menampung hingga 15 ribu pengunjung.

Mayoritas pengunjung yang berwisata ke Taman Safari II Jatim berasal dari kalangan keluarga dan rombongan pelajar Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Dasar (SD) karena paket wisata edukasi satwa yang ditawarkan oleh destinasi liburan tersebut.

"Ada namanya paket edukasi, mereka tidak hanya rekreasi masuk safari journey kemudian acara bebas di wahana rekreasi, tapi juga ada penjelasan tentang satwa yang didampingi sama tim edukasi dari kita," ujar Astrid.

Baca juga: Merasakan pengalaman sarapan bersama jerapah di Baobab Safari Resort

Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung selama masa libur sekolah yang mencapai 100 persen, Taman Safari II Jatim menambah durasi jam atraksi atau extra show.

Selain itu, Taman Safari II Jatim juga menyediakan lahan parkir luas yang dapat menampung kapasitas hingga 200 bis dan 600 kendaraan pribadi.

Dari semua koleksi satwa yang dihadirkan oleh Taman Safari II Jatim, Astrid mengatakan lumba-lumba dan gajah menjadi satwa yang paling digemari oleh pengunjung anak-anak.

Sedangkan untuk wahana rekreasi dan pertunjukan yang dihadirkan memiliki tingkat kunjungan yang merata selama masa liburan sekolah.

Baca juga: Taman Safari Bogor sambut libur sekolah dengan pertunjukan edukasi

Setelah masa pandemi COVID-19 Taman Safari II Jatim kembali beroperasi secara normal sejak tahun 2022 lalu. Meskipun tidak sebanyak sebelum pandemi, tingkat kunjungan wisatawan terus membaik sejak akhir 2022.

Taman Safari II Jatim dibangun di atas lahan seluas 350 hektar yang membuatnya menjadi taman safari terluas di Indonesia. Selain itu, kebun binatang itu juga memiliki keberagaman hewan paling banyak di antara taman safari lainnya.

Taman Safari II Jatim memiliki koleksi sebanyak 217 spesies satwa yang berasal dari berbagai belahan dunia untuk menyuguhkan konsep wisata konservasi sekaligus edukasi satwa secara interaktif,

Adapun berbagai wahana menarik sekaligus edukatif yang dihadirkan oleh Taman Safari II Jatim antara lain Safari Adventure, Baby Zoo, Interactive Living Museum, Temple of Terror, Recreation Area, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Wisata Gunung Galunggung berbenah sambut musim libur sekolah

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023