Melalui kerja sama ini diharapkan program Usaid Prioritas selama lima tahun ke depan dapat berjalan dengan baik. Sehingga harapan untuk semakin memajukan pendidikan dapat terwujud,"
Medan (ANTARA News) - Amerika Serikat melalui program USAID Prioritas menggandeng Universitas Negeri Medan (Unimed) dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sumatera Utara dalam upaya memajukan pendidikan di provinsi itu.

"Melalui kerja sama ini diharapkan program Usaid Prioritas selama lima tahun ke depan dapat berjalan dengan baik. Sehingga harapan untuk semakin memajukan pendidikan dapat terwujud," kata Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera Kathryn A Crockart di Medan Jumat pada acara peluncuran kemitraan antara USAID Prioritas dengan Unimed dan IAIN Sumut.

Program USAID Prioritas merupakan program yang mengutamakan pembaharuan, inovasi, dan kesempatan bagi guru, tenaga kependidikan, dan siswa. Ini merupakan program bantuan 83,7 juta dolar AS untuk mendukung upaya Sumatera Utara dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Selama lima tahun ke depan, program ini akan bekerja sama dengan dua perguruan tinggi tersebut untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan guru pra dan dalam jabatan dengan cara membantu mengembangkan program dan kurikulum agar guru mampu menerapkan berbagai praktik terbaik dalam mengajar.

Program ini memiliki fokus khusus pada keterampilan membaca, matematika dan sains. Selain bekerja sama dengan perguruan tinggi, USAID Prioritas juga membantu 10 kabupaten/kota di Sumatera Utara untuk meningkatkan kualitas belajar-mengajar serta manajemen.

Program ini secara langsung akan menjangkau sekitar 50.000 siswa sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan madrasah di 208 sekolah serta secara tidak langsung memberikan manfaat pada ratusan sekolah lainnya di Kota Medan, Binjai, Deli Serdang, Tebing Tinggi, Tanjungbalai, Labuhan Batu, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Sibolga dan Nias Selatan.

USAID Prioritas mendukung peningkatan kualitas sekolah dengan memberdayakan kapasitas pemerintah daerah dan tenaga kependidikan di tingkat kabupaten/kota dan sekolah untuk merencanakan dan membiayai pelayanan pendidikan yang lebih baik melalui pelatihan dalam jabatan.

"Kemitraan ini akan membawa pelayanan pendidikan kelas dunia untuk Sumatera Utara. Kami juga berharap program ini akan membantu siswa di porivinsi ini untuk mengembangkan potensi terbaiknya dan menempatkan mereka pada jalan menuju sukses," katanya.

Rektor Unimed Prof Ibnu Hajar mengatakan pihaknya sangat mendukung program tersebut karena akan membawa percepatan pada peningkatan kualitas pendidikan di provinsi itu, sehingga mampu sejajar dengan daerah lainnya.

"Kami senang bisa dilibatkan dalam program ini, apalagi memang sudah menjadi tanggungjawab kita bersama untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan. Secara nyata program ini akan meningkatkan kulitas guru dan siswa dan sudah tentu ini seharusnya mendapat dukungan dari kita semua," katanya.
(KR-JRD/H-KWR)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013