Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengajak semua pihak menyukseskan Piala Dunia U-17 dan tidak terjebak dengan informasi yang tidak tepat bahkan menjurus hoaks terkait rencana pemerintah dan PSSI memperbaiki Jakarta International Stadium (JIS).

Salah satu yang santer berseliweran di media sosial ialah terkait besarnya biaya renovasi JIS.

"Saya sangat terganggu ketika Stadion JIS yang dibangun dengan angka Rp4,5 triliun-Rp5 triliun itu mau direnovasi senilai Rp5 triliun. Ini pembohongan publik yang luar biasa," ujar Erick setelah menghadiri acara pelatihan penerapan VAR di Jakarta, Jumat.

Erick mengatakan JIS adalah satu dari 22 stadion yang akan direnovasi. Hal tersebut merupakan bentuk komitmen transformasi sepak bola yang diajukan pemerintah dan PSSI kepada FIFA.

Dia menyampaikan bahwa renovasi 22 stadion itu pun hanya menelan biaya sebesar Rp1,9 triliun.

"Saya harap perdebatan yang tidak bermanfaat ini disudahi dan kita ingin perbaiki sepak bola tidak dalam konteks politik. Ini benar-benar niat baik, sama-sama ingin perbaiki," ucap Erick.

Baca juga: Erick Thohir bantah anggaran renovasi JIS Rp5 triliun

Erick menilai isu tersebut sangat kontradiktif dengan upaya pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan PSSI yang berupaya keras menyiapkan infrastruktur stadion yang dapat memenuhi standar FIFA.

"Kita jangan terjebak pada hal-hal yang terus menerus seperti ini. Pak Anies (Baswedan) sendiri sudah bicara, Stadion JIS milik Indonesia, milik bangsa kita, dan terbuka untuk diperbaiki," lanjut Erick.

Erick mengatakan Piala Dunia U-17 menjadi momentum besar yang harus disiapkan sebaik mungkin. Ia tidak ingin kegagalan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 terulang kembali karena akan mencoreng nama Indonesia di pentas sepak bola dunia.

"Ada yang bilang U-17, U-20, dan Piala Dunia itu berbeda, ya tetap saja kejuaraan dunia, memang kita mau gagal lagi, masak sudah diberi kesempatan digagalkan oleh diri sendiri. Ayo sama-sama kita berkomitmen menyukseskan Piala Dunia U-17 dan menunjukkan ke dunia, kita bisa, jangan gagal terus," kata Erick.

Baca juga: PSSI selaraskan seleksi Garuda Select dan Timnas U-17
Baca juga: Erick Thohir bersyukur Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023