ASDP Banda Aceh menyiapkan dua unit kapal untuk melayani wisatawan saat libur panjang
Banda Aceh (ANTARA) - PT Persero ASDP Indonesia Ferry menyebutkan arus penumpang dari Kota Sabang menuju ke Banda Aceh masih padat oleh wisatawan yang berlibur ke Pulau Weh itu selama momen libur panjang Idul Adha 1444 Hijriah dan libur sekolah.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Banda Aceh Agus Djoko Triyanto di Banda Aceh, Jumat, mengatakan jumlah penumpang kapal feri roro dari Pelabuhan Balohan Sabang ke Pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh masih cukup banyak, yakni antara 350-400 penumpang per trip.

“Kalau dari sini, Banda Aceh ke Sabang antara 250-300 penumpang per tripnya. Jadi sudah berkurang dari hari-hari sebelumnya,” kata Agus Djoko.

ASDP Banda Aceh menyiapkan dua unit kapal untuk melayani wisatawan saat libur panjang, yakni KMP Aceh Hebat 2 dengan kapasitas 340 orang dan KMP BRR dengan kapasitas 250 orang.

Selama libur panjang, kata Agus, arus penumpang dari Banda Aceh-Sabang atau sebaliknya mulai menunjukkan peningkatan pada H+1 Idul Adha hingga Kamis (6/7). Hal ini membuat ASDP harus menambah penyeberangan hingga lima trip.

Baca juga: Pemkot rumuskan konsep Sabang jadi kota cerdas unggulan wisata bahari

Baca juga: Wisatawan membludak, ASDP tambah penyeberangan Sabang jadi lima trip


“Grafik penumpang mulai tinggi H+1 Idul Adha sampai Kamis (6/7) kemarin, itu masih tinggi dari dua sisi, rata-rata 300-400 penumpang per trip,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Agus, pihaknya masih menerapkan empat trip penyeberangan per hari, mengingat intensitas penumpang masih cukup tinggi, terutama arus balik dari Pulau Weh Sabang, yang merupakan destinasi wisata unggulan nasional.

Kendati demikian, menurut dia, arus penyeberangan Banda Aceh-Sabang maupun sebaliknya masih terpantau lancar dan terkendali, semua penumpang terangkut dari dua sisi.

Begitu juga, kata Agus, dengan kondisi cuaca yang cukup kondusif dalam sepekan terakhir.

“Kalau hari ini jumlah penumpang dari Banda Aceh sudah menurun, tapi mungkin besok bisa naik lagi karena Sabtu dan Minggu,” katanya.

Baca juga: Pemkot Sabang tingkatkan kualitas layanan wisata sambut musim libur

Baca juga: Pemkot harapkan bantuan Bank Indonesia majukan pariwisata Sabang

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023