Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 603 peserta The Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Varsity Carnival yang ke-22 dari tiga negara akan hadir di Universitas Syiah Kuala, kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan USK Prof Mustanir,

“IMT GT adalah kegiatan tahunan yang bertujuan menguatkan rasa persatuan dan solidaritas pada tiga negara yaitu Indonesia, Thailand dan Malaysia, serta membantu para mahasiswa untuk mengembangkan potensi mereka,” kata Mustanir di Banda Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan delegasi dari tiga negara tersebut akan mengikuti berbagai kegiatan IMT-GT yang akan berlangsung dari tanggal 8 -12 Juli 2023 di Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh.

Ia mengatakan USK kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah setelah sebelumnya pada tahun 2021 kampus tersebut pernah tampil sebagai tuan rumah untuk kegiatan tersebut di mana yang hadir secara daring akibat masih pandemi.

Baca juga: USK sabet penghargaan PTN terbaik penanganan stunting

Baca juga: Malem Diwa USK akan berkompetisi di Sirkuit Mandalika


“Tahun ini untuk pertama kalinya USK akan menyambut seluruh peserta IMT-GT tersebut secara luring. Jadi ini merupakan sebuah kebanggaan kita, karena mereka bisa hadir untuk melihat USK dan Aceh secara langsung,” katanya.

Prof. Mustanir menjelaskan, jumlah peserta IMT-GT tersebut terdiri dari 497 mahasiswa dan 106 official. Mereka berasal dari 12 perguruan tinggi yang terlibat dalam forum IMT GT.

Dari 12 kampus tersebut, empat di antaranya dari Indonesia yaitu Universitas Syiah Kuala, Universitas Sumatera Utara, Universitas Negeri Medan, dan Universitas Negeri Padang (UNP).

Kemudian empat kampus dari Malaysia yaitu Universiti Sains Malaysia (USM), Universiti Utara Malaysia (UUM), Universiti Technology Mara Arau Perlis (UiTM), University Malaysia Perlis (UniMAP).

Selanjutnya empat kampus lainnya dari Thailand yaitu Thailand are Prince Of Songkla University (PSU), Rajamanggala University of Technology Srivijaya (RUTVS), Thaksin University (TSU) and Walailak University (WU).

Selama berada di USK, seluruh peserta IMT-GT ini akan mengikuti beberapa pertandingan olahraga yaitu bola voli, sepak bola, bulu tangkis, tenis, petanque, serta fun run.

“Jadi ini momentum yang baik sekali, karena memberi kesempatan kepada mahasiswa kita untuk bertukar pikiran maupun berbagi pengalamannya dalam forum internasional seperti ini. Ini akan menjadi pengalaman luar biasa bagi mereka,” demikian Mustanir.*

Baca juga: USK Banda Aceh beri keringanan biaya bagi calon mahasiswa kurang mampu

Baca juga: USK-YSN jalin kerja sama penelitian ganja medis


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023