Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS) Antony J. Blinken akan menghadiri Pertemuan Menteri Luar Negeri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara dan AS di Jakarta.

"Menteri Blinken akan melakukan kunjungan ke Jakarta, Indonesia, untuk menghadiri Pertemuan Menteri Luar Negeri AS-ASEAN," kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Metthew Miller dalam pernyataan yang dirilis Deplu AS, Jumat.

Selain menghadiri KTT Menlu ASEAN-AS, Blinken juga dijadwalkan akan menghadiri KTT Asia Timur (EAS), dan Forum Regional ASEAN (ARF), yang ketiganya dijadwalkan akan berlangsung pada 14 Juli 2023.

Pertemuan-pertemuan tersebut dilakukan dalam rangkaian kunjungan Blinken ke Inggris, Lithuania dan Indonesia yang berlangsung dari 9 sampai 15 Juli 2023.

Pada setiap pertemuan di Jakarta, Blinken akan menegaskan komitmen AS untuk sentralitas ASEAN dan dukungan bagi Kemitraan Strategis Komprehensif ASEAN-AS

Dia akan membahas kerja sama ekonomi, perang global melawan perubahan iklim, krisis yang sedang berlangsung di Burma, situasi di Laut China Selatan, dan perang Rusia terhadap Ukraina.

Menlu Blinken juga akan berpartisipasi dalam Dialog Strategis AS-Indonesia bersama mitranya, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi.

Sebelum melakukan kunjungan ke Indonesia, Blinken akan mendampingi Presiden AS Joe Biden dalam kunjungannya ke Inggris dan Lithuania untuk menghadiri pertemuan Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dari 9-12 Juli.

Baca juga: Menlu Rusia akan hadiri AMM ke-56 di Jakarta
Baca juga: Indonesia dukung percepatan konektivitas energi di Asean
Baca juga: Indonesia selenggarakan Pertemuan Menlu ASEAN pekan depan

Pewarta: Katriana
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023