Pemerintah Provinsi Maluku mengambil langkah cepat untuk memulangkan jenazah almarhum setelah melalui berbagai proses administrasi dan teknis lainnya dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow, Rusia
Ambon (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku memulangkan jenazah mahasiswa asal Desa Tial, Kabupaten Maluku Tengah, almarhum Jamaludin Maulana Rolobessy yang meninggal karena tenggelam di Sungai Volga, Rusia.

"Pemerintah Provinsi Maluku mengambil langkah cepat untuk memulangkan jenazah almarhum setelah melalui berbagai proses administrasi dan teknis lainnya dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Moskow, Rusia," kata Staf Ahli Gubernur Maluku Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Zulkarnaini dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Sabtu.

Dikatakannya bahwa (alm) Jamaludin Maulana Rolobessy dinyatakan meninggal pada Senin, 26 Juni 2023, karena tenggelam di Sungai Volga, Kota Volgograd, yang berjarak 970 kilo meter dari Moskow.

Almarhum adalah mahasiswa S1 Hubungan Internasional, Volgograd State, anak dari pasangan Hairun Nasir dan Nurhidaya Tehumatena, yang berdomisili di Desa Tial, Kabupaten Maluku Tengah.

Ia menjelaskan jenazah Jamaludin Maulana Rolobessy, tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Kamis (6/7)i 2023, yang selanjutnya dilakukan serah terima dari pihak Kementerian Luar Negeri kepada Pemprov Maluku yang diwakili oleh Kepala Badan Penghubung Provinsi Maluku Saiful Indra Patta. Kemudian pada Jumat (7/7) jenazah diberangkatkan dari Jakarta ke Ambon.

Selanjutnya dilakukan serah terima dari pemerintah kepada keluarga almarhum di Negeri (Desa) Tial, Kabupaten Maluku Tengah.

"Untuk biaya pemulangan jenazah serta biaya tiket dua orang keluarga selaku pendamping ke Ambon ditanggung penuh oleh Pemerintah Provinsi Maluku sesuai arahan Gubernur Maluku," katanya.

Pada kesempatan itu atas nama Pemprov Maluku, ia mengucapkan turut berdukacita yang mendalam atas meninggalnya salah satu putra terbaik Maluku yang sedang berkuliah di Rusia tersebut.

“Kami turut berbelasungkawa sekaligus pada kesempatan ini turut, menyerahkan jenazah kepada pihak keluarga untuk segera dimakamkan," kata Zulkarnaini.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Kasatpol PP Maluku, Mohd. Djafar Polpoke yang bertanggungjawab dalam penjemputan dan penyerahan jenazah.

Mewakili pihak keluarga, paman Jamaludin Maulana Rolobessy itu menyampaikan terima kasih Kementerian Luar Negeri RI dan Pemprov Maluku yang sudah membantu pemulangan jenazah almarhum.

"Dan berterima kasih kepada Gubernur Maluku Murad Ismail yang telah membantu untuk memfasilitasi pemulangan jenazah," demikian Mohd. Djafar Polpoke.

.Baca juga: Mahasiswa asal Maluku meninggal karena tenggelam di Sungai Volga Rusia

Baca juga: KBRI, PPI, Pemda Maluku koordinasi pemulangan jenazah WNI dari Rusia

Baca juga: Erika, "duta batik" di Kota Oryol Rusia

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023