Untung artisnya tampil keren-keren"
Jakarta (ANTARA News) - Sabtu malam tadi, di Gelora Bung Karno, cinta orang Indonesia, terutama Jakarta, terhadap musik Korea atau K-Pop tumpah begitu delapan artis Korea Selatan plus dua penyanyi Indonesia unjuk kemampuan di atas panggung Music Bank in Jakarta.

Cinta itu juga terpancar dari salah satu pengisi acara milik Indonesia sendiri, Afghansyah Reza.

Afghan bangga gelaran musik yang sudah merambah dunia itu mampir di Indonesia. 

"Saya senang. Ini kan berarti Indonesia adalah negara yang aman," kata Afgan.

Penampilan para artis tadi malam sungguh menggambarkan hubungan baik yang sudah terjalin selama 40 tahun tersebut antara Korea Selatan dan Indonesia, apalagi ini adalah acara memperingati 40 tahun hubungan baik antarkedua negara. 

Hubungan baik ini juga diperlihatkan oleh datangnya dua wakil birokrasi Korea Selatan dan Indonesia, yaitu Duta besar Kora Selatan unuk Indonesia Kim Yeong Seon dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

Memperkeras warna harmoni kedua negara, artis Korea, Hyorin 'Sistar' dan Eru mempersembahkan penampilan khusus dengan menyanyikan lagu berbahasa Indonesia, Kemesraan.

Lagu yang dipopulerkan Iwan Fals ini memberi suasana syahdu di panggung Music Bank. Para penonton dihanyutkan lagu ini, seperti berharap kemesraan yang sudah ada tidak akan pernah berakhir.

Sementara solois Eru mempertegas kecintaannya pada Indonesia. Setelah datang untuk keempat kalinya, dia kini mantap mengatakan Indonesia adalah rumahnya sendiri.

"Ini seperti kampung halaman saya sendiri," katanya.

Sang pembawa acara, Cho Kyuhyun pun berterimakasih kepada penonton karena sudah menerima dan mendukung para artis yang tampil semalam.

"Terima kasih banyak. Saya merasa diterima di Indonesia," katanya.

Penonton memang berandil banyak malam itu, tidak hanya diunjukkan kepada delapan artis asal Korea, tapi juga untuk para artis 'produk lokal'.

Saat Afghan menyanyi lagu barunya, Without You, mereka ikut bersorak.  S4, boyband Indonesia yang dilatih langsung di Korea, juga kecipratan dukungan manakala lagu mereka, She's My Girl, dinyanyikan Teen Top.

Banyak dari penampil Music Bank malam itu sudah datang ke Indonesia sebelum ini.

2PM sudah empat kali ke Jakarta, Shinee dan Beast pernah tampil di Jakarta, Super Junior sudah tiga kali mondar mandir Jakarta - Korea Selagtan, bahkan Eru ikut membintangi film produksi Indonesia, Hello Goodbye.

Salah satu host Indonesia, Nadia Mulya, pun berharap semakin banyak artis Korea yang datang mengunjungi Jakarta.

"Mudah-mudahan dengan ini makin banyak artis Korea yang ke Indonesia," kata Nadia.

Puas tapi penuh perjuangan

Penonton mengaku puas dengan penampilan sederet artis Korea dan Indonesia.  Hanya saja, kepuasan itu mesti bertukar dahulu dengan antrian super panjang, bahkan adu otot dengan para petugas keamanan acara.

Kumala Tri Nanda, yang duduk di bangku Diamond Purple, mengaku terpaksa pindah ke diamond yellow karena nomor kursi miliknya sudah diduduki orang lain.

"Awalnya disuruh naik, sampai di atas malah disuruh turun, eh di bawah disuruh naik. Ya saya duduk di diamond kuning aja," kata Mala.

Dia kecewa pada sistem tiket dan penempatan tempat duduk yang sempat ditukar panitia. Antarkelas pun sama sekali tidak dijaga.

"Jadinya, banyak yang di festival (harga tiket Rp900 ribu) bisa masuk ke diamond (Rp2 juta)," keluhnya.

Pintu masuk yang tidak dibedakan pun mencipta perkara lain karena penonton yang ingin masuk kelas diamond harus berebut dengan penonton kelas Festival.

"Pintu masuknya sama dan enggak ada penjagaan. Jadinya kacau," sambung Mala.

Yenni juga mengalami pengalaman serupa itu. Dia sempat bersitegang dengan penjaga, juga gara-gara tempat duduk.

"Temen saya yang di Festival jadi banyak yang nonton di diamond," katanya.

Untungnya, kegusaran Yenni itu diredakan oleh penampilan apik para artis malam itu.

"Untung artisnya tampil keren-keren. Jadi bisa nutupin kekacauan," katanya.

Music Bank adalah acara musik mingguan yang ditayangkan Korea Broadcasting System (KBS).

Sebelum Jakarta, Music Bank World Tour sudah lebih dulu mampir ke beberapa negara seperti Perancis, Hong Kong dan Cili.

Music Bank World Tour akan tayang di 72 negara lewat KBS World Channel. 

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013