Jakarta (ANTARA) - Satria Muda Pertamina Jakarta berhasil melaju ke semifinal IBL 2023 usai mengalahkan Bali United Basketball dengan upaya yang susah payah lewat skor 75-67 dalam laga putaran pertama babak playoff di Britama Arena Jakarta, Sabtu.

Tim juara bertahan tersebut tidak mendapatkan kemenangannya dengan mudah lantaran Bali United memberikan perlawanan yang sengit sejak babak pertama.

Laga berjalan ketat dengan selisih poin yang tak pernah lebih dari sembilan poin sepanjang pertandingan. Bali United mengawali laga dengan unggul 0-6 saat laga berjalan satu menit, yang dibalas oleh Satria Muda dengan unggul lima poin, 20-15, dan kuarter pertama berakhir dengan keunggulan tim Jakarta 26-23.

Di kuarter kedua, Satria Muda tidak diberikan kesempatan untuk melesat jauh oleh Bali United. Abraham Wenas dan kawan-kawan membalikkan keadaan hingga Bali United unggul delapan poin, 34-42 di separuh kuarter kedua berjalan.

Namun perlawanan kembali dari Satria Muda membuat babak pertama hanya dimenangkan oleh Bali United dengan keunggulan tipis satu poin, 43-44.

Lagi-lagi Satria Muda memberikan perlawanan dan membalikkan keadaan di kuarter ketiga dengan sempat unggul sampai sembilan poin, yakni 60-51 di akhir kuarter.

Baca juga: Bali United diuntungkan bermain di Denpasar lawan Satria Muda

Kendati demikian, tim Bali United masih tetap memberikan perlawanan hingga kuarter terakhir dengan membalikkan keadaan lewat keunggulan tipis dua poin, yakni 64-66. Keunggulan itu hanya berlangsung sebentar saja sampai akhirnya Satria Muda kembali mengamankan keunggulan dan menang dengan skor 75-67.

Juan Laurent Kokodiputra kembali menjadi top skorer bagi timnya dengan 16 poin, setelah sebelumnya di laga pertama melawan Bali United juga menjadi pencetak poin tertinggi dengan 15 angka.

"Kami coba mempertahankan capaian kami, kami bermain di kandang juga, banyak dukungan SM Fanatics, kami bermain lepas hari ini," kata Juan usai laga.

Selain Juan, Arki Wisnu juga berperan penting dalam perlawanan Satria Muda di kuarter empat dengan mencetak 13 poin selama 24 menit bermain.

Sementara dari Bali United, pemain asing Dior Lowhorn mencetak poin terbanyak dengan 17 poin dan 10 rebound.

Dengan kemenangan dua kali berturut-turut atas Bali United, Satria Muda berhak lolos ke semifinal IBL 2023. Satria Muda akan bertemu dengan salah satu rival abadi Pelita Jaya Bakrie Jakarta di babak semifinal.

Baca juga: Bumi Borneo siap tempur lawan Prawira
Baca juga: Perbaiki akurasi dan turnover jadi PR Dewa United di semifinal

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023