Semarang (ANTARA News) - Tuan rumah PSIS meraih kemenangan besar atas tamunya Persipur Purwodadi 7-0 (1-0) pada laga lanjutan Kompetisi Sepak Bola Divisi Utama Liga Indonesia di Stadion Jatidiri Semarang, Minggu petang.

Pada pertandingan yang disaksikan sekitar 15 ribu penonton tersebut sebenarnya berlangsung seimbang terutama pada paruh pertama babak pertama karena masing-masing tim tampil terbuka.

Pertandingan menjadi tidak berimbang setelah Persipur hanya tampil dengan 10 pemain mulai menit ke-38 setelah kiper utama mereka Susanto mendapat kartu merah dari wasit.

Susanto mendapat kartu merah setelah menjatuhkan penyerang PSIS Emile Linkers yang sudah berdiri bebas karena kalau tidak dijatuhkan tentu pemain PSIS itu bisa menjebol gawangnya.

Susanto kemudian digantikan kiper kedua Yoni Edy Wiyanto yang baru pertama kali diturunkan pelatih Gunawan dalam pertandingan resmi.

Tuan rumah mencetak gol pada menit ke-43 melalui tendangan Emile Linkers setelah menerima umpan silang dari Heri Nur Yulianto dan kedudukan 1-0 untuk PSIS bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua praktis permainan dikuasai tim asuhan pelatih Firmandoyo apalagi tim tamu hanya tampil dengan 10 pemain. PSIS mencetak gol kedua melalui tendangan kaki kiri Syaiful Amar pada menit ke-47 setelah menerima umpan dari Imral Usman.

Pada menit ke-49, tuan rumah memperbesar kemenangan menjadi 3-0 melalui gol yang dicetak Heri Nur Yulianto melalui tendangan kaki kiri memanfaatkan umpan silang dari Nurul Huda.

Kapten tim PSIS Imral Usman memperbesar kemenangan menjadi 4-0 menit ke-59 melalui tendangan penalti setelah Syaiful Amar dijatuhkan di daerah terlarang.

Pada menit ke-68, Robby Fajar yang masuk di babak kedua menggantikan Emile Linkers berhasil memperbesar kemenanga timnya menjadi 5-0 pada menit ke-68 setelah berusaha melakukan tendangan lambung ke arah gawang yang sudah ditinggalkan kiper Persipur.

Sebenarnya bola itu berusaha dihalau kapten tim Bangun Ujiono tetapi justru masuk ke gawangnya sendiri. Pada menit ke-79, Vidi Hasiholan yang masuk di babak kedua memperbesar kemenangan menjadi 6-0 melalui tendangan keras setelah menerima umpan dari Imral Usman.

Pada injury time, Robby Fajar kembali mencetak gol melalui tendangan keras setelah tendangan bebas Nurul Huda membentur mistar gawang dan mantul kemudian langsungb disambar Robby.

Kedudukan 7-0 ini bertahan hingga pertandinga usai. Wasit Hasanuddin mengeluarkan kartu kuning untuk Morris Power (PSIS) dan Samsul Arifin (Persipur), serta kartu merah untuk Susanto (kiper Persipur).

(H015/I007)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013