Jakarta (ANTARA) – Permodalan Nasional Madani (PNM) berkolaborasi dengan Telkom Indonesia untuk mempercepat digitalisasi ekosistem usaha mikro dan ultra mikro Tanah Air. Peresmian kerjasama ini dilakukan Di event DIGILand Conference, Sabtu.
 
Direktur Operasional, Digital dan Teknologi Informasi PNM Sunar Basuki mengatakan, PNM terus berkomitmen untuk mendorong ekonomi kerakyatan agar terus relevan dan tumbuh dengan kebutuhan pasar di era sekarang. Pasalnya, kemudahan akses dengan adanya digitalisasi adalah satu dari sekian tren pasar yang kini digandrungi.

“Kita harus ketahui target nasabah PNM itu adalah perempuan prasejahtera yang bagi mereka untuk membuka aplikasi e-commerce saja itu sudah di atas angan-angan. Tetapi kami tetap commit untuk membantu mereka naik kelas,” papar Sunar.

Sunar menambahkan, WhatsApp Commerce menjadi salah satu bentuk aplikasi yang tepat dengan karakteristik dan kebutuhan nasabah PNM.

Sementara itu, Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia F. M. Venusiana R. menyampaikan, kerjasama ini diharapkan dapat mendorong terus PNM dalam mewujudkan nasabah yang naik kelas.

“Untuk target pelaku usaha mikro tadi ya kami siapkan aplikasi dari Telkom yang sesuai dengan kebutuhan, ditunggu saja,” ujar Venusiana.

Kolaborasi ini menjadi awal mula perjalanan untuk menguatkan kembali tulang punggung Indonesia, UMKM. Mencakup masyarakat Indonesia yang luas dengan berbagai kebutuhannya akan baik dengan adanya kolaborasi antara beberapa pihak. Kehadiran PNM memberikan sekelumit gambaran tentang masih banyak masyarakat Indonesia yang memerlukan pendampingan digital untuk maju. Dengan kehadiran Telkom, pendampingan dan pelatihan ini akan semakin terakselerasi.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023