Semarang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyiapkan cadangan pangan berupa ratusan ton beras guna menghadapi fenomena El Nino.

“Cadangan pangan pemerintah sebanyak 200 ton beras ini kami siapkan berikut skema gerakan pangan murah serta fasilitasi distribusi agar harganya terjangkau masyarakat,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah Dyah Lukisari di Semarang, Minggu.

Dishanpan juga menyiapkan skenario guna menjaga sediaan pangan dan pengadaan gabah yang diberikan kepada para kelompok di berbagai wilayah.

“Rencananya akan dibagikan ke 770 kelompok di mana masing-masing kelompok memperoleh 2,2 ton gabah,” ujarnya.

Menurut dia, cadangan pangan pemerintah akan disalurkan ke wilayah yang membutuhkan dengan skala prioritas.

Kerja sama juga dilakukan dengan menggandeng Badan Urusan Logisitik yang memiliki ribuan cadangan beras untuk setiap kabupaten/kota di Jateng.

Selain beras, Dishanpan Jateng juga menyediakan ribuan bungkus makanan berbahan lokal dan hingga akhir Juni 2023, masih tersedia 5.000 bungkus mi berbahan mocaf (tepung singkong).

“Lalu bagaimana jika harga pangan melambung karena permintaan meningkat, kami menyiasati dengan gerakan pangan murah dan menggenjot fasilitasi distribusi untuk mengatasi naiknya harga,” katanya.

Edukasi kepada masyarakat juga dilakukan dengan mengampanyekan setop pemborosan makanan, mulai dari tingkat sekolah hingga khalayak umum.

“Selain mengandalkan CPP Provinsi Jawa Tengah, adapula cadangan Bulog yang memiliki sediaan per kabupaten sekitar 100 ton atau 3.500 ton,” ujarnya.

Baca juga: Bapanas dorong BUMN bidang pangan tambah stok hadapi el nino


Baca juga: Bapanas minta pemda perkuat cadangan pangan antisipasi El Nino


Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023